Tingkat Inflasi AS April Melonjak Tertinggi 3 Tahun

753

Biaya hidup di AS naik pada bulan April tertinggi dalam tiga tahun yang merupakan indikasi bahwa inflasi mendekati target Federal Reserve.

Harga konsumen meningkat 0,4 persen, kenaikan terbesar sejak Februari 2013, menyusul hasil sebelumnya 0,1 persen pada Maret, sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan hari Selasa (17/05) di Washington. Inflasi inti, yang mengeluarkan biaya makanan dan energi, naik 0,2 persen setelah naik 0,1 persen bulan sebelumnya.

Lompatan terbesar dalam harga bensin di hampir empat tahun memimpin rebound dalam biaya bahan bakar yang meletakkan dasar untuk inflasi secara keseluruhan untuk naik lebih tinggi, sementara sedikit melemah dalam dolar akan mendukung kenaikan harga inti ke tingkat mendekati target 2 persen The Fed. Sebuah pasar penguatan kerja juga membantu meningkatkan gaji, yang dapat mendorong perusahaan untuk menaikkan harga.

Para ekonom memperkirakan inflasi naik 0,3 persen dari bulan sebelumnya, menurut estimasi median survei Bloomberg dari perkiraan yang berkisar dari kemajuan dari 0,2 persen menjadi 0,7 persen. CPI naik 1,1 persen dalam 12 bulan yang berakhir April setelah naik 0,9 persen pada periode sebelumnya.

Kenaikan inflasi inti cocok dengan estimasi median ekonom yang disurvei. Proyeksi berkisar dari tidak ada perubahan dengan keuntungan 0,3 persen. Pada tingkat tahunan, harga inti naik 2,1 persen pada April setelah naik 2,2 persen bulan sebelumnya.

Lihat : Konstruksi Rumah Baru AS April Rebound

Laporan menunjukkan biaya energi meningkat 3,4 persen dari bulan sebelumnya, terbesar sejak Februari 2013. Bensin melonjak 8,1 persen, terbesar sejak Agustus 2012.

Biaya nasional rata-rata satu galon bensin biasa telah naik dalam semua kecuali dua dari 13 minggu terakhir, mencapai $ 2,22 per tanggal 15 Mei, menurut AAA, kelompok otomotif terbesar AS.

Harga makanan meningkat 0,2 persen pada April setelah penurunan 0,2 persen bulan sebelumnya.

Inflasi inti didorong oleh peningkatan harga sewa, perawatan medis, asuransi mobil dan tarif maskapai. Penurunan biaya dari peralatan rumah tangga, pakaian dan mobil baru dan bekas menahan kenaikan.

Pejabat Fed mencari tanda-tanda bahwa inflasi sedang menuju lebih tinggi karena mereka mengukur ketika menaikkan suku bunga acuan mereka.

Inflasi menyelesaikan setengah dari mandat ganda bank sentral dalam stabilitas harga dan pekerjaan yang maksimal. Sementara pasar tenaga kerja telah membuat kemajuan yang mantap selama dua tahun terakhir, harga telah lambat untuk mengambil ke arah target Fed, sebagai bukti untuk beberapa ekonom bahwa para pembuat kebijakan harus secara bertahap menaikkan suku bunga acuan mereka.

Yang disukai untuk mengukur harga-pertumbuhan bank sentral adalah ukuran pengeluaran konsumsi pribadi Departemen Perdagangan , yang belum memenuhi target 2 persen Fed dalam empat tahun.

CPI adalah tiga alat pengukur harga dari Departemen Tenaga Kerja karena termasuk semua barang dan jasa. Sekitar 60 persen dari indeks meliputi harga konsumen membayar untuk layanan dari kunjungan medis untuk tarif maskapai, tiket film dan sewa.

Indeks itu Departemen Tenaga Kerja dari harga grosir, yang mencakup 75 persen dari semua barang dan jasa AS, naik 0,2 persen pada April dari bulan sebelumnya, didukung oleh biaya yang lebih tegas untuk layanan manajemen portofolio. Sebuah laporan terpisah pekan lalu menunjukkan biaya barang impor naik 0,3 persen pada April, kurang dari perkiraan. Namun, harga impor non-BBM naik untuk pertama kalinya sejak Juli 2014.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here