Hang Seng Naik 2,7 Persen Didukung Sektor Properti Dan Produsen Energi

664
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saham-saham di bursa Hong Kong melonjak tertinggi dalam enam minggu, imbas lonjakan penjualan rumah AS yang mendorong spekulasi bahwa AS, ekonomi terbesar dunia dapat menahan suku bunga yang lebih tinggi.

Indeks Hang Seng naik 2,7 persen pada penutupan sore hari ini. PetroChina Co, produsen energi terbesar Tiongkok , membukukan kenaikan tertajam sejak pertengahan April sejak harga minyak mendekati $ 50 per barel. Harga saham Cheung Kong Property Holdings Ltd milik miliarder Li Ka-shing naik ke tertinggi dua minggu. Shanghai Composite Index tergelincir 0,2 persen, terseret oleh anjlokya saham-saham perusahaan penerbangan.

Bursa Hong Kong naik mengikuti reli global setelah AS ekuitas naik di tengah spekulasi ekonomi Amerika bisa mentolerir biaya pinjaman yang lebih tinggi sebagai peluang meningkatkan Federal Reserve akan memperketat kebijakan musim panas ini. Apakah saham dapat mempertahankan rebound di tengah kekhawatiran tentang tarif AS yang lebih tinggi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan tergantung pada kinerja produksi , menurut Partners Capital International di Hong Kong.

Hang Seng Index naik untuk hari kedua ke 20,368.05, sementara Hang Seng China Enterprise Index melonjak 2,8 persen. The Shanghai Composite menghapus keuntungan yang telah dicapai karena kembali ditutup turun untuk hari kedua.

Saham perusahaan energi rally paling baik di Hong Kong, China Shenhua Energy Co naik 6,1 persen setelah Economic Information Daily melaporkan empat produsen batubara terbesar di Tiongkok dapat mempertimbangkan kenaikan harga pada bulan Juni. PetroChina naik 3,9 persen. Cheung Kong dan Henderson Land Development Co kedua meningkat setidaknya 3 persen.

Indeks Hang Seng diperdagangkan di 10,6 kali proyeksi laba 12-bulan, sekitar 20 persen lebih murah dari level tertingginya di bulan April tahun lalu. Setelah jatuh 7,2 persen pada tahun 2016 di tengah kejenuhan berita buruk.

Operator-operator penerbangan memimpin penurunan saham di bursa Shanghai akibat reboundnya harga BBM yang menekan pendapatan. Juneyao Airlines Co anjlok 9 persen, sementara China Southern Airlines Co kehilangan 4,6 persen.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here