Pertumbuhan Laba Perusahaan Industri Tiongkok April Melambat

575

Pertumbuhan laba pada perusahaan industri Tiongkok melambat di bulan April, sejalan dengan data lain untuk bulan April yang memperkirakan ekonomi mungkin akan kehilangan tenaga setelah naik awal tahun.

Perusahaan industri Tiongkok mencetak laba 502 miliar yuan ($ 76590000000) bulan lalu, naik 4,2 persen dari periode yang sama tahun lalu dan dibandingkan dengan pertumbuhan 11,1 persen pada Maret, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Jumat (27/05).

Selama empat bulan pertama tahun ini, keuntungan mencapai 1,84 triliun yuan, keuntungan 6,5 persen dari tahun sebelumnya namun turun dari kenaikan 7,4 persen pada kuartal pertama. Data ini mencakup perusahaan-perusahaan besar dengan setidaknya 20 juta yuan dari pendapatan tahunan.

Persediaan produk di perusahaan industri turun 1,2 persen tahun ke tahun pada akhir April, penurunan pertama dalam beberapa tahun terakhir, kata biro statistik, tanpa memberikan rincian.

Pertumbuhan laba awal tahun ini dan rebound harga komoditas seperti baja telah memicu harapan bahwa sektor industri Tiongkok akhirnya naik setelah penurunan berkepanjangan yang telah menyeret ekonomi terbesar kedua di dunia.

Lihat : Indeks Shanghai 27 Mei Bergerak Negatif Tergerus Sentimen Bearish

Tapi serangkaian data ekonomi mengecewakan untuk April dan pembalikan tajam harga bahan baku dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan prospek sektor industri Tiongkok tetap menantang.

Keuntungan penyulingan minyak ‘naik lebih dari 80 kali lipat pada bulan Januari-April secara tahunan, sementara pabrik baja melihat keuntungan 42 persen karena harga rebound dan mereka menaikkan produksi. Tapi penambang batubara melihat keuntungan jatuh 92,2 persen, sementara produsen minyak dan gas membukukan kerugian.

Keuntungan di sektor manufaktur naik 13,3 persen pada Januari-April, menunjukkan kekuatan relatif di sektor ini meskipun ekspor melemah tajam.

Utang perusahaan industri Tiongkok meningkat 4,8 persen pada basis tahunan untuk 55,8 triliun yuan per akhir April, dibandingkan dengan kenaikan 5,2 persen pada Maret.

Utang Tiongkok tumbuh dan risiko sistem keuangan telah menduduki puncak daftar kekhawatiran investor tahun ini, tapi suasana di Beijing tampaknya telah bergeser karena pemerintah menyatakan keprihatinan tentang terlalu bahaya memberikan stimulus untuk mengatasi utang.

Sebuah komentar 9 Mei di People’s Daily mengatakan Tiongkok tidak akan menggunakan investasi yang berlebihan atau pertumbuhan kredit yang tinggi untuk meningkatkan pertumbuhan.

Keuntungan pada perusahaan milik negara turun 8,4 persen pada Januari-April secara tahunan, data menunjukkan awal pekan ini.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here