Akhir Bursa Hong Kong 1 Juni Tergerus Kekuatiran Ekonomi Tiongkok

952

Pada penutupan perdagangan awal bulan Juni, Rabu (01/06), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun -54,11 poin, atau -0,26 persen, ke 20760.98. Pelemahan indeks Hang Seng tertekan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Hang Seng 1 Juni Bergerak Flat Mencermati Data Ekonomi Tiongkok

Kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok muncul kembali dengan hasil aktifitas manufaktur yang kurang menggembirakan.

Aktifitas manufaktur di Tiongkok datar pada bulan Mei, demikian survei resmi menunjukkan pada Rabu (01/06), sebagai tanda terbaru bahwa perlambatan ekonomi bangsa ini masih jalan di tempat.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur pemerintah datang di 50,1, tidak berubah dari bulan April, tetapi lebih tinggi dari rata-rata 50 yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters dari 31 ekonom.

Dalam sebuah survei terpisah yang dirilis secara bersamaan, aktivitas di industri jasa Tiongkok turun menjadi 53,1 pada Mei, dari 53,5 pembacaan bulan sebelumnya.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Perusahaan Besar Tiongkok Mei Datar, Aktifitas Jasa Merosot

Aktifitas manufaktur swasta Tiongkok melemah bulan lalu, pertanda sektor manufaktur terbesar di dunia tersebut dapat menekan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua.

Indeks pembelian manajer (PMI) Caixin manufaktur Tiongkok melemah ke 49,2 pada Mei dari 49,4 bulan sebelumnya pada skala di mana angka dibawah 50 menunjukkan kontraksi dalam kegiatan ekonomi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Swasta Tiongkok Mei Melemah

Investor juga berhati-hati di tengah meningkatnya harapan bahwa AS Federal Reserve akan menaikkan suku bunga segera.

Sebagian besar sektor jatuh, hanya sektor energi dan IT yang naik tajam.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -64 poin atau -0,31% pada  20,468.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 20,532.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng berpotensi melemah terbatas tertekan kekuatiran ekonomi domestik dan Tiongkok. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 20.023-19.562 dan kisaran Resistance 21.078-21.539.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here