Bursa Shanghai 1 Juni Turun Terganjal Lemahnya Data Manufaktur Dan Jasa

639
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal bulan, Rabu (01/06), indeks Shanghai berakhir turun tipis -2,41 poin, atau -0,08 persen, ke 2914.21. Pelemahan tipis indeks Shanghai terpicu kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok yang diimbangi oleh lonjakan kemarin setelah adanya berita indeks saham Tiongkok akan masuk dalam indeks MSCI..

Lihat : Indeks Shanghai 1 Juni Bergerak Flat Mencermati Aktifitas Manufaktur

Beberapa investor mengambil keuntungan dari lonjakan lebih dari 3 persen pada Selasa di saham Tiongkok, yang didukung oleh harapan bahwa penyedia indeks pasar AS MSCI bisa menambahkan pasar saham Tiongkok untuk patokan pasar untuk pertama kalinya.

Kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok muncul kembali dengan hasil aktifitas manufaktur yang kurang menggembirakan.

Aktifitas manufaktur di Tiongkok datar pada bulan Mei, demikian survei resmi menunjukkan pada Rabu (01/06), sebagai tanda terbaru bahwa perlambatan ekonomi bangsa ini masih jalan di tempat.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur pemerintah datang di 50,1, tidak berubah dari bulan April, tetapi lebih tinggi dari rata-rata 50 yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters dari 31 ekonom.

Dalam sebuah survei terpisah yang dirilis secara bersamaan, aktivitas di industri jasa Tiongkok turun menjadi 53,1 pada Mei, dari 53,5 pembacaan bulan sebelumnya.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Perusahaan Besar Tiongkok Mei Datar, Aktifitas Jasa Merosot

Aktifitas manufaktur swasta Tiongkok melemah bulan lalu, pertanda sektor manufaktur terbesar di dunia tersebut dapat menekan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua.

Indeks pembelian manajer (PMI) Caixin manufaktur Tiongkok melemah ke 49,2 pada Mei dari 49,4 bulan sebelumnya pada skala di mana angka dibawah 50 menunjukkan kontraksi dalam kegiatan ekonomi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Swasta Tiongkok Mei Melemah

Saham-saham perusahaan keuangan turun setelah melompat pada Selasa, mengimbangi keuntungan di sektor material dan energi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways cenderung melemah dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok, kecuali ada stimulus yang dijalankan pemerintah Beijing. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2813-2723 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3008-3105.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here