Aktifitas Manufaktur AS Bulan Mei Meningkat

658

Aktifitas Manufaktur AS tumbuh meningkat untuk bulan Mei, tapi pabrik tampaknya mengambil pengiriman lebih sedikit dari pemasok mereka, yang dapat menghambat produksi di bulan depan.

The Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional naik setengah persentase poin untuk pembacaan 51,3 bulan lalu, dengan lonjakan harga yang dibayar oleh pabrik-pabrik untuk bahan baku.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur, yang menyumbang 12 persen dari ekonomi AS. ISM sub indeks pengiriman pemasok melonjak lima poin untuk pembacaan 54,1 bulan lalu. Angka di atas 50 dalam indeks ini menunjukkan pengiriman lebih lambat.

Manufaktur tetap dibatasi oleh efek tersisa dari lonjakan dollar AS dan terjunnya harga minyak antara Juni 2014 dan Desember 2015. Sektor ini juga telah terluka oleh upaya bisnis untuk mengurangi sebuah kekenyangan persediaan, yang telah menghasilkan pesanan lebih sedikit ditempatkan pada pabrik-pabrik.

Meskipun reli dolar memudar dan harga minyak terus meningkat, ekonom tidak mengharapkan menguat kembali aktivitas pabrik.

Pesanan baru yang diterima oleh pabrik-pabrik sedikit berubah di bulan Mei, produksi anjlok dan ketertiban backlogs menyusut. Pesanan ekspor baru tidak berubah dan pekerjaan pabrik terus berkontraksi. Ada juga peningkatan jumlah produsen melaporkan bahwa persediaan pelanggan yang terlalu tinggi.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Naik Terdukung Peningkatan Manufaktur AS

Sementara indeks ISM tetap di wilayah ekspansi selama tiga bulan berturut-turut, disebut data manufaktur telah umumnya lemah. Pemerintah melaporkan pekan lalu bahwa pesanan untuk barang modal tahan lama yang diproduksi, tidak termasuk pertahanan dan pesawat, jatuh pada bulan April untuk bulan ketiga berturut-turut.

Sebuah survei manufaktur yang terpisah dari perusahaan Data Markit menunjukkan aktivitas pabrik di Mei adalah yang terlemah sejak September 2009.

Indeks PMI regional untuk Mei umumnya lebih lemah dari yang diharapkan dengan indeks New York Empire, Philadelphia Fed, Richmond Fed dan Kansas City indeks semua lemah dari yang diharapkan, meskipun masih ada yang mendasari optimisme prospek. Indeks PMI Chicago juga merosot ke bawah level 50,0 dan, dalam konteks ini, akan ada bantuan yang signifikan yang mengelilingi data nasional dengan pasar bersiap untuk potensi sub-bacaan pada angka 50.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here