Data Ekonomi Mixed, Aussie Sesi Asia 2 Juni Waspadai Koreksi

455

Pergerakan nilai tukar mata uang Australia perdagangan sesi Asia hari kedua bulan Juni (2/06) kembali menunjukkan kekuatannya mengalahkan dollar AS setelah 3 hari berturut rally kencang. Kekuatan kurs Kamis pagi didapat dari kinerja ekspor dan impor Australia yang membaik selain usaha harga minyak mentah. Namun pergerakan pair diwaspadai terjadi profit taking oleh mixednya data yang dirilis ABS.

Australian Bureau of Statistics (ABS) melaporkan data kinerja sektor ritel negerinya dan neraca perdagangan luar negeri. Dari kedua data tersebut hanya data neraca perdagangan yang cukup mengesankan dengan kinerja ekspor yang cukup mantap.  Perdagangan sebelumnya pair AUDUSD diperkuat oleh data  PDB Australia untuk Q1-2016 menunjukkan peningkatan melebihi periode sebelumnya dan juga ekspektasi para ekonom, pertanda pertumbuhan ekonomi negeri kanguru tersebut cukup ekspansif.

Pergerakan kurs aussie di sesi Asia (01:40:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih tinggi    pada   0.7256 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie menguat 48 pips  atau 0,5%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7265.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD turun  ke kisaran  0.7220-0.7182. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut dapat naik  kembali ke  kisaran 0.7278.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here