Awal Indeks Shanghai 3 Juni Terganjal Pelemahan Aktifitas Sektor Jasa

552
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (03/06), Indeks Shanghai bergerak negatif, saat ini terpantau turun -4,30 poin atau -0,15 persen pada 2920.93. Pelemahan Indeks Shanghai tertekan aktifitas sektor jasa Tiongkok yang merosot tiga bulan terendah di bulan Mei.

Lihat : Bursa Shanghai 2 Juni Berakhir Naik Terdorong Kenaikan Pertumbuhan Upah

Pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok turun ke rendah tiga bulan di bulan Mei sebagai bisnis baru dan pekerjaan melambat, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Jumat (03/06), memberikan tanda-tanda memudarnya momentum pemulihan dalam perekonomian.

Indeks Caixin / Markit layanan pembelian manajer (PMI) untuk Mei turun menjadi 51,2 dari 51,8 pada bulan April.Angka diatas 50 mengindikasikan ekspansi secara bulanan, sementara angka di bawah sebagai sinyal kontraksi.

Bisnis baru hanya meningkat sedikit pada bulan Mei dan pada kecepatan lebih lambat dari April dan rata-rata sepanjang sejarah.

Lihat : Aktifitas Sektor Jasa Tiongkok Mei Turun Terendah 3 Bulan

Pada pekan ini, kekuatiran ekonomi Tiongkok muncul setelah aktifitas manufaktur dan jasa Tiongkok mencatatkan hasil mengecewakan.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) manufaktur pemerintah datang di 50,1, tidak berubah dari bulan April, tetapi lebih tinggi dari rata-rata 50 yang diperkirakan dalam jajak pendapat Reuters dari 31 ekonom.

Dalam sebuah survei terpisah yang dirilis secara bersamaan, aktivitas di industri jasa Tiongkok turun menjadi 53,1 pada Mei, dari 53,5 pembacaan bulan sebelumnya.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok Mei Datar, Aktifitas Swasta Merosot

Indeks pembelian manajer (PMI) Caixin manufaktur Tiongkok melemah ke 49,2 pada Mei dari 49,4 bulan sebelumnya pada skala di mana angka dibawah 50 menunjukkan kontraksi dalam kegiatan ekonomi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Swasta Tiongkok Mei Melemah

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Juga masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2802-2701 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3036-3168.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here