Ekonomi Jepang Kuartal Pertama 2016 Rebound

701

Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal pertama sebagai belanja modal turun kurang dari yang pertama kali dilaporkan, namun kekhawatiran tetap ada atas belanja konsumen yang lambat dan ekspor yang lemah.

Ekonomi Jepang tumbuh pada tingkat 1,9 persen secara tahunan pada kuartal pertama tahun ini, direvisi naik dari pembacaan awal pertumbuhan 1,7 persen, data Kantor Kabinet Jepang menunjukkan, Rabu (08/06).

japan-gdp-growth

Revisi PDB Januari-Maret sesuai estimasi median dalam jajak pendapat ekonom Reuters.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, PDB naik 0,5 persen, yang lebih dari pembacaan awal pertumbuhan 0,4 persen dan sama dengan estimasi median.

Tidak termasuk dampak dari tahun kabisat, yang menambahkan satu hari ekstra untuk Februari, PDB mungkin diperluas sekitar 0,2 persen.

Belanja modal, komponen utama dari PDB, turun 0,7 persen, kurang dari penurunan awal 1,4 persen. Itu dibandingkan dengan estimasi median untuk penurunan 0,3 persen.

Konsumsi swasta naik 0,6 persen, sedikit di atas kenaikan awal 0,5 persen yang tercatat

“Revisi ke atas sangat sedikit, dan ketika Anda mengecualikan dampak dari pertumbuhan tahun kabisat yang tidak kuat,” kata Shuji Tonouchi, ahli strategi pendapatan tetap senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

“Kami perkirakan pertumbuhan melambat di kuartal saat ini. Pemerintah harus fokus pada langkah-langkah untuk membantu berpenghasilan rendah, tetapi konsumsi mungkin tidak naik banyak jika sentimen konsumen memburuk.”

Kenaikan lebih lanjut dalam yen bisa menurunkan laba ekspor dan mencegah perusahaan dari peningkatan investasi dan upah.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan dia akan mengumumkan langkah-langkah ekonomi tambahan musim gugur ini, namun ekonom khawatir pendekatan sedikit demi sedikit untuk kebijakan berarti tidak cukup uang akan dialokasikan untuk membalikkan penurunan populasi dan mempercepat pertumbuhan.

Abe mengumumkan pekan lalu secara luas menunda 2,5 tahun dalam kenaikan pajak penjualan karena belanja konsumen yang lemah, meskipun ekonom khawatir bahwa penundaan sebagai sinyal pemerintah kehilangan disiplin dalam pengawasan fiskal.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here