Bursa Seoul 13 Juni Merosot 2 Persen Terganjal Pelemahan Won

681
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan awal pekan Senin (13/06), indeks Kospi berakhir merosot –38,57 poin, atau -1,91 persen, pada 1,979.06. Pelemahan indeks Kospi tertekan pelemahan tajam mata uang Won.

Lihat : Indeks Kospi 13 Juni Dibuka Turun 1 Persen Tertekan Pelemahan Wall Street Dan Won

Pada akhir perdagangan sore ini, mata uang Won melemah terhadap dollar AS. Pasangan mata uang USDKRW menguat 0,70 persen pada 1,173.46.

Pelemahan Won terpicu kekuatiran investor yang mencari perlindungan investasi yang aman menjelang pertemuan Federal Reserve dijadwalkan minggu ini dan meningkatnya kekhawatiran atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Pada akhir perdagangan sore ini, saham Samsung Electronics merosot 2,49 persen, karena investor mencoba untuk mengunci dari rally tajam pekan lalu, membebani indeks keseluruhan.

Saham sekuritas di antara pecundang terbesar karena investor kuatir atas meningkatnya ketidakpastian ekonomi global. Saham Mirae Asset Daewoo Securities mundur 3,85 persen , dan saham Samsung Securities turun 3,12 persen.

Saham Lotte Group mengalami kemunduran sebagai jaksa melebarkan penyelidikan mereka ke konglomerat terbesar kelima Korea Selatan pada tufuhan lobi dan dana tertentu, membahayakan proyek bisnis intinya.

Lotte Shopping, kelompok unit ritel kunci, anjlok 5,38 persen, dan Lotte Chemical, unit kimia, turun 3,91 persen setelah menarik diri dari penawaran untuk Axiall Corp. yang berbasis di AS.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -5,55 poin atau -2,22% pada 244.75, turun dari posisi penutupan sebelumnya pada 250.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi berpotensi melemah terbatas menjelang pertemuan kebijakan The Fed dan kekautiran Brexit. Namun jika pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street menguat akan menaikkan bursa Korea Selatan. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 242.15-239.43 dan kisaran Resistance 248.16-251.16.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here