Investor Tunggu The Fed Dan Referendum Di Inggris, Kinerja Yen Dan Swissie Terbaik

466

Bursa saham global, pada Sabtu dini hari kemarin membukukan penurunan paling tajam dalam empat bulan, dolar menguat, dan imbal hasil obligasi merosot ke rekor terendah, karena investor bersiap untuk rangkaian acara akhir bulan ini yang bisa memperbaharui turbulensi di pasar.

Pound Inggris jatuh dan saham turun setelah hasil jajak pendapat menunjukkan mayoritas mendukung untuk bangsa meninggalkan Uni Eropa. Kedua MSCI All-Country World Index dan S & P 500 Index anjlok, menghapuskan keuntungan mingguan. Imbal hasil obligasi 10 tahun tahun dari mulai Jepang sampai ke Jerman jatuh ke posisi terendah sepanjang masa, sebelum pertemuan Federal Reserve minggu ini dan referendum Inggris di akhir bulan ini. Minyak turun menjadi sekitar $ 49 per barel.

Optimisme yang mendorong investor untuk pindah dari ekuitas ke komoditas akan mendorong harga ke puncaknya sebelum pertemuan the Fed dan Bank of Japan, referendum di Inggris dan konvensi politik AS, yang semuanya memiliki potensi untuk mengacaukan pasar. Investor juga menghadapi kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan ekonomi, turunnya keuntungan perusahaan dan efektivitas stimulus bank sentral. Sementara pembuat kebijakan telah mencoba untuk menopang perekonomian, mereka telah mendorong imbal hasil lebih rendah, yang menurunkan prospek pendapatan bagi bank.

Saham

Indeks MSCI dunia tenggelam 1,5 persen pada Jumat, pukul 16:00 di New York, atau Sabtu dini hari lalu, penurunan paling tajam sejak 8 Februari, setelah mencapai tertinggi enam bulan pada tanggal 8 Juni.

Indeks S & P 500 kehilangan 0,92 persen, atau 19,41 poin ke level 2,096.07. Dow Jones anjlok 119,85 poin atau 0,67% ke level 17,865.34, penurunan terbesar dalam satu minggu terakhir. Demikian juga dengan Nasdaq, turun 64,07 poin atau 1,29% ke level 4,894.55. Bank dan perusahaan energi memimpin kerugian, sementara indeks pengukur volatilitas pasar ekuitas memiliki lompatan terbesar sejak Januari.

Data kepercayaan di kalangan konsumen Amerika untuk bulan Juni juga menunjukkan penurunan terburuk sejak data tertinggi dalam satu tahun terakhir. Sebagai gambaran baik tentang kondisi keuangan pribadi diimbangi oleh kekhawatiran tentang prospek ekonomi.

Stoxx Europe 600 Index merosot 2,4 persen pada hari Jumat, turun untuk hari ketiga berturut-turut. Semua, kecuali 14 dari 600 perusahaan yang termasuk anggota indeks ini, mundur, dipimpin sektor perbankan dan perusahaan asuransi terkemuka.

Hang Seng China Enterprises Index Hong Kong melemah 2,2 persen saat perdagangan dibuka kembali setelah libur lokal. Bursa saham Tiongkok akan dibuka kembali pada hari Senin ini, bertepatan dengan dikeluarkannya data output industry dan penjualan ritel untuk bulan Mei. Minggu ini, Indeks MSCI Inc akan memutuskan apakah akan menyertakan saham-saham jenis “A” milik bursa saham Tiongkok kedalam indeks internasional ini.

Obligasi

Imbal hasil obligasi bertenor 10-tahun turun sebanyak enam basis poin menjadi 1,63 persen, terendah atas dasar penutupan sejak Desember 2012. Jerman hasil 10-tahun mendekati nol, jatuh ke semua waktu rendah 0,01 persen, sedangkan keuntungan oleh Jepang dan sekuritas Swiss dengan jangka waktu yang sama mendorong imbal hasil yang sudah negatif ke posisi terendah yang baru.

Obligasi Rusia naik setelah memangkas suku bunga bank sentral, mengirimkan imbal hasil 10-tahun turun delapan basis poin menjadi 8,60 persen, terendah sejak Juli 2014. Rata-rata imbal hasil obligasi perusahaan berperingkat di Euro turun menjadi 0,96 persen, menurut indeks Bank of America Merrill Lynch.

Komoditas

The Bloomberg Commodity Index, yang melacak pengembalian bahan baku, jatuh 1 persen. Ini masih membukukan minggu kelima keuntungan, reli terpanjang dengan ukuran yang lebih dari dua tahun.

Minyak mentah West Texas Intermediate merosot 3 persen menjadi $ 49,07 per barel.

Emas di pasar spot naik 0,4 persen setelah berfluktuasi sebelumnya.

Mata Uang

The Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak greenback terhadap 10 mata uang asing, naik untuk hari kedua, menambahkan 0,6 persen. Jadwal pertemuan The Fed adalah tanggal 15 Juni, sedangkan BOJ bersidang hari berikutnya.

Sterling jatuh sebanyak 1,9 persen terhadap dolar AS, penurunan terbesar sejak Oktober 2009 setelah jajak pendapat U.K. terbaru yang dilakukan oleh Orb / Independent menunjukkan 55 persen ingin meninggalkan Uni Eropa sementara 45 persen ingin tetap. Referendum akan berlangsung pada tanggal 23 Juni mendatang.

Yen menguat dengan franc Swiss karena investor memilih untuk keselamatan relatif mereka. Selain mata uang Jepang, Swissie juga berkinerja terbaik terhadap dollar.

MSCI Emerging Markets Index turun 0,8 persen. Rand Afrika Selatan memimpin penurunan, kehilangan 1,8 persen, diikuti penurunan peso Meksiko dan rubel Rusia.

 

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here