Bursa Eropa 14 Juni Bergerak Lemah Terpengaruh Kekuatiran Brexit

598

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Selasa terpicu kekuatiran investor menjelang pertemuan Federal Reserve AS dan suara Brexit yang semakin menguat yang membebani sentimen.

Di tengah sentimen penurunan risiko di pasar, investor telah memarkir uang mereka di aset safe-haven. Obligasi Jerman 10-tahun Bund jatuh ke nol untuk pertama kalinya. Jika jatuh di bawah, itu berarti bahwa investor akan membayar pemerintah untuk menahan obligasi.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1,12 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 5.971,32, turun -73,65 poin atau -1,22%

Indeks DAX berada pada posisi 9.533,69, turun -123,75 poin atau -1,28%

Indeks CAC berada pada posisi 4.168,19, turun -58,83 poin atau -1,39%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.198,50, turun -105,30 poin atau -1,27%

Lihat : Bursa Eropa 13 Juni Melemah Tajam Terkena Sentimen Negatif

Pasar global goyah menjelang dua keputusan kebijakan moneter penting minggu ini. Pada hari Selasa, Komite AS Pasar Terbuka Federal (FOMC) memulai pertemuan dua hari. Harapan adalah untuk The Fed mempertahankan tingkat suku bunga tetap menyusul data pekerjaan suram dan meningkatnya kekhawatiran atas kemungkinan Brexit, suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (EU) dalam referendum pada 23 Juni.

Pada saat yang sama, Bank of England bertemu akhir pekan ini dan sementara tidak ada banyak harapan untuk keputusan tentang suku bunga, beberapa pelaku pasar merasakan langkah selanjutnya bisa lebih rendah untuk tingkat Inggris Raya. Menjelang pertemuan itu, data resmi terbaru menunjukkan bahwa inflasi Inggris tetap stabil di 0,3 persen, harapan mengecewakan dari peningkatan kecil.

Sementara itu di Asia, Bank of Japan (BOJ) dijadwalkan bertemu pada 15 Juni. Pasar Asia diperdagangkan mixed pada hari Selasa, dengan saham Jepang dan Korea Selatan memperpanjang kerugian Senin.

Sejumlah faktor lain juga membebani pasar. Data yang lemah baru-baru ini keluar dari Tiongkok, kemungkinan keluar Inggris dari Uni Eropa (UE) dan kekhawatiran terhadap kesehatan ekonomi global semua memukul sentimen investasi.

Kekhawatiran Brexit mungkin juga berdampak pada pasar minyak. Harga minyak mentah berjangka jatuh di perdagangan Asia Selasa pagi, karena kekhawatiran investor atas pertumbuhan global dan penurunan saham, juga kekuatiran Brexit.

Lihat : Pro Brexit Semakin Menguat, Bagaimana Keputusan The Fed AS?

Di tempat lain, Badan Energi Internasional (IEA) telah menyatakan bahwa mereka memperkirakan pasar minyak akan seimbang pada paruh kedua 2016 dengan lembaga tersebut merevisi perkiraan ke atas pertumbuhan permintaan minyak global dan mencatat bahwa bulan lalu telah menjadi “penurunan signifikan pertama” pasokan minyak global sejak 2013.

Berita tersebut tidak mendorong harga minyak lebih tinggi dan saham minyak dan gas diperdagangkan lebih rendah.

Sektor perbankan diperdagangkan lebih rendah, namun bank-bank Italia, yang jatuh pada hari Senin rebound. Ada kekhawatiran tentang portofolio kredit bermasalah yang dimiliki oleh bank-bank Italia. Saham Banco Popolare lebih tinggi setelah Il Messaggero melaporkan bahwa investor telah membeli 20 persen dari peningkatan modal 1 miliar euro yang dikeluarkan.

Dalam berita saham individu, Novo Nordisk melemah tajam meskipun studi yang menunjukkan bahwa perusahaan obat diabetes Victoza mengurangi risiko serangan jantung sebesar 13 persen.

Saham FirstGroup diperdagangkan di wilayah positif setelah melaporkan kenaikan laba sebelum pajak pada tahun ke 31 Maret.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah merespon berbagai sentimen negatif seperti pelemahan bursa Asia, kekuatiran Brexit, dan pelemahan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here