Bursa Saham Pakistan Alami Lonjakan Tertinggi, Naik 2 Persen

484

Bursa Saham Pakistan melonjak paling tinggi tahun ini setelah keputusan MSCI Inc untuk memasukkan bursa saham dalam indeks emerging-pasar untuk pertama kalinya sejak 2008.

Bursa Efek Karachi KSE100 Index naik 2 persen pada 10:19 di kota, di jalur untuk keuntungan terbesar sejak Desember. Saham naik sebanyak 2,9 persen sebelumnya. Habib Bank Ltd, MCB Bank Ltd, Lucky Semen Ltd dan Hub Power Company Ltd melonjak pada batas kenaikan hariannya yaitu 5 persen. Indeks Bursa Saham Pakistan naik 17 persen tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan sebesar 1,4 persen di MSCI Emerging Markets Index.

MSCI mengatakan Selasa malam di New York bahwa MSCI Pakistan Indeks akan dimasukkan di bulan Mei 2017. Bursa saham Pakistan akan mendapatkan bobot 0,14 persen di Emerging Markets Index MSCI, yang harus menarik dana masuk sekitar $ 220 juta, demikian pernyataan JPMorgan Chase & Co. BMA Capital Management Ltd melihat Pakistan mampu menarik dana sebesar $ 300 juta sampai $ 400 juta pada tahun pertama, sementara EFG-Hermes Holding SAE mengatakan bulan lalu bahwa upgrade bisa menarik sekitar $ 475.000.000.

Pakistan adalah negara tujuan investasi yang layak ditengah kondisi ekonomi global yang melambat, demikian pendapat Sajjad Anwar, kepala investasi pada NBP Fullerton Asset Management Ltd, yang berbasis di Karachi dan mengawasi 55 miliar rupee ($ 526.000.000).

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here