Saham Tiongkok Gagal Masuk Indeks MSCI

608

Saham-saham domestik Tiongkok ditolak masuk ke indeks acuan MSCI Inc untuk ketiga kalinya, sebuah kemunduran bagi upaya Presiden Xi Jinping untuk meningkatkan profil pasar saham daratan dan mengubah yuan menjadi mata uang internasional.

Indeks gabungan menyatakan dibutuhkan perbaikan tambahan dalam aksesibilitas pasar A-share untuk memutuskannya, demikian menurut pernyataan pada hari Selasa (14/06). MSCI, yang merupakan indeks emerging-market yang dilacak oleh investor dengan aset $ 1,5 triliun, mengatakan akan mempertimbangkan kembali inklusi pada tahun 2017 dengan ulasan klasifikasi pasar, sementara tidak mengesampingkan pengumuman sebelumnya.

Tiongkok ditolak meskipun kesibukan langkah-langkah tahun ini untuk mengatasi masalah MSCI, termasuk pembatasan pada perhentian perdagangan sewenang-wenang dan pembatasan kerugian atas arus modal lintas-perbatasan. Keputusan menyarankan investor internasional masih nyaman menempatkan uang mereka di pasar $ 6 triliun ini setelah kampanye pemerintah gagal untuk menopang harga saham mengguncang pasar saham global tahun lalu.

Sementara pihak berwenang Tiongkok telah menunjukkan komitmen untuk membuka pasar, “investor jelas mengindikasikan bahwa mereka ingin melihat perbaikan lebih lanjut dalam aksesibilitas,” Remy Briand, kepala global MSCI penelitian, mengatakan dalam pernyataan itu.

Investor perlu waktu untuk menilai efektifitas perubahan kebijakan baru pada alokasi kuota, mobilitas modal dan perdagangan suspensi, kata penyedia indeks. MSCI juga menunjukkan bahwa 20 persen batas repatriasi bulanan tetap menjadi “rintangan yang signifikan” bagi investor yang mungkin dihadapi dengan pembelian kembali seperti reksa dana. Pembatasan pra-persetujuan pertukaran lokal ‘pada memperkenalkan produk-produk keuangan juga “tetap belum terselesaikan,” katanya.

“Keputusan MSCI mensinyalkan bahwa Tiongkok tetap menjadi negara ekonomi berkembang tertutup yang menggunakan teknik pasar seperti pembekuan pasar dan membuatnya ilegal untuk jangka pendek, menggunakan dana pemerintah untuk membeli saham, teknik yang tidak diterima di kalangan investor global,” Paul Christopher, demikian pendapat kepala strategi pasar global di Wells Fargo Investment Institute

Hasil keputusan MSCI telah disurvey. Di antara 23 strategi yang disurvei oleh Bloomberg pada bulan Mei, 10 telah meramalkan masuk, sementara lima memperkirakan penolakan dan delapan mengatakan itu terlalu cepat untuk masuk. Indeks Shanghai Composite turun 2,9 persen selama dua hari terakhir, memperpanjang kemerosotan tahun ini menjadi 20 persen, karena pedagang bersiap untuk sebuah pengecualian potensial.

Intervensi pemerintah juga telah menjadi perhatian utama bagi banyak manajer uang setelah para pejabat menanggapi sebuah $ 5 triliun kecelakaan ekuitas tahun lalu dengan larangan berbagi jual investor utama dan tindakan keras terhadap perdagangan saham-indeks berjangka. Sementara beberapa langkah telah sejak mereda, volume berjangka masih lebih dari 90 persen di bawah tingkat mereka tahun lalu.

Pihak berwenang Tiongkok telah mendorong keras untuk memasuki MSCI. Pada bulan Februari, regulator memperbolehkan pedagang yang memenuhi syarat untuk menggeser uang dalam dan luar negeri setiap hari, perubahan utama untuk reksa dana terbuka dan ETF. Pada bulan Mei, bursa saham domestik menerbitkan aturan membatasi perhentian perdagangan. Dan bulan ini, Tiongkok memberi kuota investasi 250 miliar yuan ($ 38 miliar) kepada AS, yang memungkinkan lembaga-lembaga Amerika untuk berinvestasi yuan luar negeri di pasar daratan.

Meskipun penolakan MSCI, kombinasi ukuran dan peningkatan akses Tiongkok membuat pasar sulit diabaikan oleh banyak investor. Akun saham daratan yang terdaftar sekitar 9 persen dari kapitalisasi ekuitas dunia, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, dan ekonomi bangsa telah jauh penyumbang terbesar pertumbuhan global dalam beberapa tahun terakhir. The $ 36 miliar Vanguard FTSE Emerging Markets ETF, yang melacak indeks yang disusun oleh pesaing MSCI, sudah berinvestasi di saham domestik Cina.

Bursa di Shanghai dan Shenzhen memberikan akses ke lebih dari 2.900 perusahaan, banyak yang lebih diarahkan untuk meningkatkan sektor konsumer dalam negeri dibandingkan dengan listing di luar negeri di Hong Kong investor. Saham H telah lama menjadi bagian dari indeks MSCI, sementara saham Tiongkok yang diperdagangkan di AS diberikan inklusi pada bulan November.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here