Harga Rumah Baru Tiongkok April Meningkat, Kenaikan Tinggi di Kota Lapis Dua dan Tiga

738

Kenaikan harga rumah di kota-kota terbesar di Tiongkok menunjukkan tanda-tanda berkurang pada Mei, namun kenaikan tajam tampaknya menyebar ke kota-kota yang lebih kecil, membuat pekerjaan pembuat kebijakan sulit karena mereka harus mendukung perekonomian yang goyah tanpa meningkatkan gelembung pasar perumahan.

Pemulihan di pasar properti Tiongkok sejak akhir tahun lalu telah menjadi titik terang langka di ekonomi terbesar kedua di dunia ini, yang telah melambat di tengah melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri, penurunan investasi dan berlebihnya kapasitas industri.

Rata-rata harga rumah baru di 70 kota besar naik 6,9 persen bulan lalu dari tahun lalu, percepatan dari kenaikan 6,2 persen bulan April, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data dari Biro Statistik Nasional (NBS) pada hari Sabtu.

china-housing-index (4)

Data NBS menunjukkan 50 dari 70 kota besar melihat kenaikan harga dari tahun ke tahun, naik dari 46 pada bulan April.

“Rata-rata pertumbuhan harga rumah baru di kota-kota lapis pertama mulai menurun, sementara itu terus melebar di kedua dan ketiga,” kata Liu Jianwei, ahli statistik senior NBS.

Kota Shenzhen selatan tetap top performer, dengan harga melonjak 53,2 persen dari tahun sebelumnya, lebih lambat dari kenaikan 62,4 persen pada April.

Tapi secara bulan ke bulan, harga naik hanya 0,5 persen setelah kenaikan 2,3 persen bulan April, bukti bahwa langkah-langkah pendinginan properti diperkenalkan oleh beberapa kota besar baru-baru ini mulai menggigit.

Shenzhen dan Shanghai telah memperketat persyaratan uang muka untuk rumah kedua dan mengangkat kelayakan untuk non-penduduk untuk membeli properti.

Harga Shanghai naik 27,7 persen pada tahun, turun dari 28 persen pada April. Kenaikan bulanan didinginkan sampai 1,9 persen dari 3,1 persen.

“Penurunan pertumbuhan di kota-kota lapis pertama adalah hal yang baik, mencegah gelembung dari peningkatan,” kata Liao Qun, kepala ekonom China CITIC Bank Internasional di Hong Kong.

Sementara tren pendinginan di kota besar mungkin kabar baik bagi para pembuat kebijakan di Beijing, survei menunjukkan kenaikan harga yang tajam kini menyebar ke bagian lain dari negara.

Kota pesisir Xiamen melampaui kota lapis atas dan melihat kenaikan harga tertinggi kedua 28 persen. Harga di tingkat kedua kota Nanjing dan Hefei juga naik lebih dari 20 persen, lebih dari 19,5 persen yang terlihat di Beijing.

Kenaikan harga yang lebih tinggi untuk kota lapis kedua utama yang memicu spekulasi bahwa pemerintah daerah juga memperketat pembatasan pembelian rumah segera.

Pemerintah Tongzhou, distrik pinggiran kota timur Beijing, memperketat aturan bulan lalu pada pembelian rumah kedua. Kota-kota timur Nanjing dan Suzhou telah memberi batas pada berapa banyak pengembang dapat menawarkan di lelang tanah.

Tapi Liao CITIC Bank mengatakan ia tidak memperkirakan pengetatan meluas di seluruh negeri dulu, mengatakan harga keseluruhan di kedua tingkatan masih jauh di bawah kota-kota lapis atas.

Beberapa kota kecil yang memiliki kelebihan rumah yang tidak terjual bahkan mungkin perlu dukungan untuk mendorong pembeli rumah, ia menambahkan.

Bank kelas atas Tiongkok meminjamkan lebih untuk pembeli rumah dan pengembang dari pada waktu setidaknya sejak krisis keuangan global, membuat mereka rentan terhadap penurunan pasar properti jika harga terlalu tinggi.

Pertumbuhan investasi di real estate Tiongkok melambat pada Mei untuk pertama kalinya sejak Desember secara tahunan sebagai langkah-langkah pengetatan di kota-kota besar mengambil korban mereka.

Pasar perumahan Tiongkok adalah mesin penting dari pertumbuhan, menyumbang untuk sekitar 15 persen dari produk domestik bruto. Pihak berwenang berharap pasar properti sehat akan membantu mendukung pertumbuhan, bahkan karena ekonomi yang terus melambat secara luas.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here