Indeks Shanghai 20 Juni Bergerak Naik Turun, Kekuatiran Ekonomi Dibayangi Meredanya Brexit

681
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (20/06), Indeks Shanghai bergerak naik turun, saat ini terpantau turun -2,91 poin atau -0,10 persen pada 2882.19. Pergerakan Indeks Shanghai terdorong kekuatiran ekonomi Tiongkok yang masih dibayangi meredanya kekuatiran Brexit.

Lihat :Bursa Shanghai 17 Juni Berakhir Naik, Mingguan Merosot 1 Persen

Minggu lalu indeks Shanghai turun -1,4 persen, karena investor khawatir tentang ekonomi yang rapuh dan lemahnya yuan, dan kekecewaan setelah MSCI memutuskan untuk tidak menambah saham daratan untuk indeks pasar yang sedang berkembang.

Kekuatiran ekonomi domestik masih membayangi dengan disampaikannya utang negara Tiongkok mencapai dua kali lipat PDB Tiongkok oleh ekonom pemerintah negara tersebut.

Total pinjaman Tiongkok lebih dari dua kali lipat produk domestik bruto (PDB) tahun terakhir, ekonom pemerintah Tiongkok mengatakan, memperingatkan bahwa hubungan utang antara negara dan industri bisa “fatal” bagi perekonomian terbesar kedua di dunia ini.

Utang negara telah menggelembung setelah pemerintah Beijing telah mempermudah untuk mendapatkan kredit murah dan mudah dalam upaya untuk merangsang pertumbuhan melambat, mendorong belanja besar.

Lihat : Utang Tiongkok Capai $ 25,6 Triliun, Dua Kali Lipat PDB Tiongkok

Meredanya kekuatiran Brexit setelah tweet dari Perdana Menteri Inggris David Cameron yang menyatakan bahwa semua kampanye di sekitar referendum 23 Juni telah ditangguhkan, menyusul berita bahwa Anggota Parlemen Buruh Jo Cox meninggal karena penembakan pada hari sebelumnya. Penyebab penembakan itu tidak jelas, tapi ada spekulasi tindakan yang bisa mendorong lebih banyak pemilih untuk memilih untuk tetap di Uni Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok dan masih dinantikannya stimulus yang diberikan pemerintah Beijing untuk penguatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2787-2686 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2989-3098.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here