Setelah Brexit : Inggris Tertekan, Banyak Persoalan Harus Segera Dibereskan

629

Inggris berada di bawah tekanan pada hari Sabtu untuk menetapkan jadwal cepat untuk bercerai dari Uni Eropa setelah referendum bersejarah di negara itu mengirimkan gelombang kejutan di seluruh dunia.

Pasar saham global jatuh pada hari Jumat, dan poundsterling melihat penurunan satu hari terbesar dalam sejarah setelah Inggris keluar dari Uni Eropa, yang bergabung lebih dari 40 tahun yang lalu.

Lembaga pemeringkat Moody menurunkan prospek untuk Inggris, mengatakan kredit yang sekarang pada risiko lebih besar karena negara akan menghadapi tantangan besar.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan ia ingin memulai negosiasi keluarnya  Inggris segera.

“Inggris memutuskan kemarin bahwa mereka ingin meninggalkan Uni Eropa, sehingga tidak masuk akal untuk menunggu sampai Oktober untuk mencoba menegosiasikan persyaratan kepergian mereka,” kata Juncker kepada stasiun televisi ARD Jerman.

Perdana Menteri David Cameron mengumumkan pada hari Jumat ia akan mengundurkan diri setelah memimpin kampanye untuk tinggal di blok tersebut gagal, dan mengatakan orang lain harus memimpin dalam negosiasi pelepasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan rumit.

Dia menyarankan penggantinya akan menggantikannya pada bulan Oktober. Orang itu bisa menjadi rival Partai Konservatifnya yaitu Boris Johnson, mantan walikota London yang menjadi wajah yang paling dikenal dari kubu Brexit dan yang sekarang favorit untuk menggantikannya.

Keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa adalah pukulan terbesar sejak Perang Dunia II untuk proyek kesatuan Eropa.

Britania Raya sendiri juga bisa pecah saat ini, dengan pemimpin nasionalis Skotlandia, di mana hampir dua-pertiga pemilih ingin tinggal di Uni Eropa, mengatakan referendum baru pada kemerdekaan dari sisa Inggris adalah “sangat mungkin”. Para menteri pemerintahan Skotlandia bertemu pada Sabtu untuk memutuskan langkah berikutnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan bertemu pemimpin Perancis, Jerman dan Italia di Berlin pada hari Senin untuk membahas langkah-langkah ke depan, dan para menteri luar negeri dari Jerman, Perancis, Italia, Belgia, Belanda dan Luksemburg, akan bertemu pada hari Sabtu pagi.

Presiden AS Barack Obama pada Jumat mencoba untuk membatasi dampak dari orang Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa yang mengancam untuk menekan pemulihan ekonomi AS dan mengalihkan perhatian sekutu AS dari masalah keamanan global.

Obama berjanji bahwa Washington akan tetap mempertahankan “hubungan khusus” keduanya, baik dengan London dan hubungan dekat dengan Brussels, tetapi memberi peringatannya bahwa Inggris akan pindah ke bagian belakang antrian ketika datang untuk penawaran perdagangan.

Poundsterling Inggris turun sebanyak 10 persen terhadap dolar AS pada Jumat ke tingkat terakhir terlihat pada tahun 1985 di tengah kekhawatiran keputusan bisa memukul investasi dalam perekonomian terbesar kelima di dunia, mengancam peran London sebagai ibukota keuangan global, dan mengantar bulan ketidakpastian politik. Euro tergelincir 2,0 persen terhadap dolar AS.

Saham dunia melihat lebih dari $ 2 triliun dihapus dari nilai mereka. Saham Eropa berakhir turun 7,0 persen, terbesar satu hari musim gugur sejak 2008. Saham AS jatuh mengalami aksi jual terbesar dalam sepuluh bulan tajam, dengan Dow Jones Industrial Average kehilangan 3,4 persen.

Investor menempatkan uang mereka dalam safe haven emas, yang meraih keuntungan harian terbesar sejak krisis keuangan global tahun 2008, berakhir Jumat naik 5,0 persen pada $ 1.315 per ons.

Lembaga pemeringkat Moody`s mengatakan Inggris adalah pada risiko penurunan peringkat kredit, menetapkan proyeksi negatif untuk rating ‘Aa1’ untuk utang pemerintah Inggris.

“Selama beberapa tahun di mana Inggris akan harus menegosiasikan hubungan dagang dengan Uni Eropa, Moody memperkirakan ketidakpastian yang tinggi, kurangnya keyakinan dan pengeluaran yang lebih rendah dan investasi untuk menghasilkan pertumbuhan yang lebih lemah,” kata lembaga itu.

Berhenti dari blok perdagangan terbesar di dunia bisa memberikan biaya bagi akses Inggris ke pasar tunggal perdagangan yang selama ini bebas hambatan dan berarti itu harus mencari kesepakatan perdagangan baru dengan negara-negara di seluruh dunia.

Uni Eropa sekarang menghadapi tantangan mempertahankan kesatuan ekonomi dan politik tanpa Inggris, yang memiliki pusat terbesar keuangan, hak veto Dewan Keamanan U.N., tentara yang kuat dan senjata nuklir.

Hasil ini memicu keberanian ‘eurosceptics’ di negara-negara anggota Uni Eropa lainnya, dengan pemimpin Front Nasional Perancis Marine Le Pen dan pemimpin sayap kanan Belanda Geert Wilders menuntut negara mereka juga menjalankan referendum.

Hasil Brexit ini akan memicu setidaknya dua tahun proses perceraian dengan Uni Eropa, yang keluar pertama dari keanggotaan.

Pemilih yang lebih tua mendukung Brexit tapi yang muda dan terutama berpendidikan ingin tinggal di Uni Eropa. London dan Skotlandia mendukung tetap di Uni Eropa, tetapi sejumlah bagian Inggris yang belum dibagi dalam kesejahteraan ibukota memilih untuk meninggalkan.

Para pejabat memperingatkan bank yang berbasis di Inggris dan perusahaan keuangan bisa kehilangan akses otomatis untuk menjual jasa di Eropa.

Pertanyaan besar juga menghadapi sejumlah besar ekspatriat Inggris yang tinggal dan bekerja secara bebas di tempat lain di Uni Eropa serta nasib warga negara Uni Eropa yang tinggal dan bekerja di Inggris.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here