Bursa Eropa Bergerak Negatif Tertekan Ketidakpastian Pasca Brexit

539

Bursa Saham Eropa memperpanjang kerugian pada perdagangan hari Senin sebagai dampak dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 2,03 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.074,34, turun -64,35 poin atau -1,05%

Indeks DAX berada pada posisi 9.442,68, turun -114,48 poin atau -1,20%

Indeks CAC berada pada posisi 4.068,34, turun -38,39 poin atau -0,93%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 7.774,20, turun -13,50 poin atau -0,17%

Indeks FTSE 100 di London turun 1,26 persen, pemangkasan kerugian awal setelah Kanselir U.K George Osborne berpidato untuk menenangkan pasar menjelang pembukaan. Indeks FTSE 250 Indeks – yang terutama terdiri dari saham domestik – turun sekitar 3,68 persen, jauh lebih baik daripada Jumat ketika ditutup lebih dari 7 persen lebih rendah.

Osborne menyampaikan pidato pada Senin pagi untuk mencoba untuk menenangkan pasar. Menteri keuangan mengatakan bahwa volatilitas pasar keuangan itu mungkin berlanjut tetapi pemerintah telah menghabiskan beberapa bulan terakhir menempatkan rencana kontingensi yang kuat untuk segera dijalankan.

Tekanan Brexit masih terus terjadi, setelah sentimen investor terpukul pada hari Jumat ketika hasil referendum U.K. keanggotaan Uni Eropa dimenangkan kubu Brexit. Ketidakpastian atas masa depan Inggris menyebabkan gejolak di pasar keuangan global, dengan anjloknya pound dan pasar saham global.

Hasil suara yang menuai kritik dari Dana Moneter Internasional (IMF).  “Pada titik waktu ini, pembuat kebijakan baik di Inggris Raya dan Eropa memegang tingkat ketidakpastian di tangan mereka,” kata Direktur IMF Christine Lagarde, Minggu. “Bagaimana mereka keluar dalam beberapa hari ke depan akan benar-benar mendorong ke arah mana risiko akan pergi.”

Di Inggris, kekacauan politik terus berlanjut sampai akhir pekan. Perdana Menteri Konservatif David Cameron, yang berada di kubu Bremain, mengumumkan pada hari Jumat bahwa ia bermaksud untuk mengundurkan diri.

Di sisi lain, Partai Buruh, yang dipimpin oleh Jeremy Corbyn, mengalami eksodus anggota tingkat atas  dari kabinet bayangan.

Sterling berada di bawah tekanan lagi pada hari Senin, turun sekitar 2 persen terhadap dolar.

Emas lebih tinggi karena investor menaruh uang ke aset safe haven. obligasi pemerintah Jepang juga mendapat dorongan safe haven, dengan hasil 20-tahun jatuh ke rekor rendah di bawah 0.090 persen.

Citigroup mengatakan bank adalah salah satu sektor yang paling terkena Brexit, khususnya pemberi pinjaman dalam negeri U.K. ini. Tapi Citigroup menambahkan bahwa bank-bank investasi Eropa juga berisiko.

Citigroup memangkas target harga dan outlook pada sejumlah saham perbankan Italia, yang telah berada di bawah tekanan karena portofolio besar mereka dari kredit bermasalah. Intesa Sanpaolo dan BP Emilia berada di antara penurunan peringkat, sementara Citigroup mengatakan Unicredit bisa dilihat oleh pasar sebagai salah satu bank Italia terlemah diberi pertanyaan atas strategi dan sumber modal. Ketiga bank membalikkan keuntungan awal perdagangan jauh di dalam wilayah negatif.

Deutsche Bank dan UBS di antara bank-bank investasi besar lainnya yang mengalami penurunan harga-sasaran dari Citigroup, mengirimkan saham keduanya lebih rendah.

Barclays mencatatkan bahwa resesi ringan akan dimulai pada paruh kedua 2016 di Inggris Raya dan Bank of England akan harus memotong suku bunga utamanya nol dari tingkat saat ini dari 0,5 persen. Akibatnya, Barclays menurunkan sektor perbankan Eropa untuk “netral”, menambahkan bahwa laba per risiko saham adalah cenderung menurun setelah pemungutan suara Brexit.

JPMorgan juga mengatakan bahwa mereka mengharapkan untuk melihat laba per pemotongan saham dari bank-bank Eropa.

Tapi bank-bank Inggris yang merasakan tekanan, dengan Barclays turun sekitar 11 persen dan Royal Bank of Scotland jatuh lebih dari 14,1 persen setelah menerima proyeksi yang tidak menguntungkan dari broker.

Saham Credit Suisse mencapai titik terendah baru 10,74 franc swiss selama awal perdagangan setelah keduanya JPMorgan dan Citigroup menurunkan target harga mereka untuk saham.

Sementara itu, Goldman Sachs menurunkan penjualan mobil U.K. dan Eropa dan prakiraan produksi dan menghapus Fiat Chrysler dari daftar pendiriannya. Saham produsen mobil Italia yang datar. Saham pemasok komponen seperti pembuat ban Nokian Renkaat yang melemah tajam.

Goldman juga mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan permintaan perjalanan udara lebih rendah sebagai akibat dari yang diperkirakan memukul ekonomi Eropa, yang mengarah untuk menurunkan target harga untuk saham di sektor perjalanan penerbangan. Bank investasi tersebut menurunkan target harga untuk British Airways-pemilik International Airlines Group, yang itu sendiri memperingatkan pada hari Jumat bahwa laba tahunan akan lebih rendah dari yang diharapkan. Saham IAG lebih rendah.

Anggaran penerbangan EasyJet dan Ryanair keduanya menerima pemotongan target harga dari Citigroup. Easyjet adalah lebih dari 16 persen lebih rendah. Dan pada hari Minggu, kelompok perjalanan Eropa TUI mengatakan bahwa penurunan pound terkait Brexit akan memukul keuntungan.

Korban lain dari Brexit adalah kejatuhan agen real Foxtons, yang mengeluarkan peringatan keuntungan pada hari Senin, mengirimkan saham tuurn lebih dari 21 persen.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here