Bursa Wall Street Merosot Tertekan Ketidakpastian Brexit; Dow dan S&P Terendah 3 Bulan

804

Bursa Saham AS ditutup sekitar 1,5 persen lebih rendah atau lebih pada akhir perdagangan hari Senin di AS, memperpanjang penurunan tertekan ketidakpastian pasca pasca Brexit, dan penurunan tertinggi sektor bahan.

Indeks Dow Jones Industrial Average dan S & P 500 berakhir di titik terendah sejak pertengahan Maret.

Dow dan S & P tembus di bawah 200-hari pergerakan rata-rata intraday untuk pertama kalinya sejak pertengahan Maret.

Euro dan pound diperdagangkan lebih rendah, dengan indeks dolar AS memperpanjang lonjakan baru-baru ini untuk menekan aset yang sensitif terhadap dolar AS.

Harga minyak mentah berjangka AS turun $ 1,31 atau 2,75 persen, pada $ 46,33 per barel.

Sektor Bahan diperdagangkan lebih dari 3,5 persen lebih rendah untuk memimpin sektor yang turun di S & P 500, yang diperdagangkan di bawah kunci level psikologis 2.000.

Indeks Dow ditutup sekitar 260 poin lebih rendah setelah sebelumnya jatuh 337 poin. Saham Boeing, McDonald dan IBM memiliki dampak negatif terbesar karena sebagian emiten menurun.

Indeks Nasdaq ditutup pada titik terendah sejak akhir Februari. Indeks merosot dengan penurunan lebih dari 2 persen, tertekan penurunan saham Microsoft dan Apple. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) turun 3 persen.

Investor terus mengambil sikap defensif, dengan hanya sektor utilitas dan telekomunikasi dalam indeks S & P yang naik. Perusahaan telekomunikasi Verizon dan Johnson & Johnson adalah satu-satunya yang positif dalam indeks Dow.

Dalam sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, Inggris mengejutkan pasar dengan keputusan referendum untuk meninggalkan Uni Eropa akhir pekan lalu. Berita mengangkat kekhawatiran bahwa negara-negara lain mungkin meninggalkan serikatnya dan bahwa pertumbuhan global akan berada di bawah tekanan yang signifikan, sedangkan jangka waktu yang sebenarnya dari berpisahnya U.K. dari Uni Eropa masih belum jelas.

Standard & Poor Senin mengumumkan bahwa mereka telah menurunkan sovereign credit rating Inggris dari “AAA” menjadi “AA,” mengutip referendum pekan lalu.

Dalam berita ekonomi hari Senin, Markit PMI jasa flash untuk Juni datang tidak berubah dari bulan sebelumnya di 51,3.

Hasil Treasury diselenggarakan lebih rendah, dengan yield 2-tahun sekitar 0,61 persen dan yield 10-tahun di dekat 1,46 persen. Hasil 30-tahun terkena 2,272 persen, tingkat terendah dalam lebih dari satu tahun.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 260,51 poin, atau 1,50 persen, di 17,140.24, dengan penurunan tertinggi saham American Express dan hanya saham Verizon dan Johnson & Johnson yang positif.

Indeks S & P 500 ditutup turun 36,87 poin, atau 1,81 persen, pada 2,000.54 dengan sektor bahan memimpin delapan sektor yang lebih rendah dan hanya sektor telekomunikasi dan utilitas yang naik.

Indeks Nasdaq ditutup turun 113,54 poin, atau 2,41 persen, pada 4,594.44.

Malam nanti akan dirilis data pertumbuhan ekonomi AS kuartal pertama final, yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak negatif dengan ketidakpastian pasca Brexit dan perkiraan hasil pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang