Produksi Industri Korea Selatan Mei Melonjak Tertinggi 3 Tahun

669

Produksi industri di Korea Selatan tumbuh bulan lalu pada laju tercepat dalam lebih dari tiga tahun, jauh melampaui ekspektasi.

Produksi Industri tumbuh bulan Mei sebesar 4,3 persen tahun-ke-tahun, dari penurunan 2,6 persen yang direvisi (sebelumnya -2,8 persen) pada bulan April, dan jauh di atas rata-rata perkiraan ekonom dari peningkatan 0,3 persen.

south-korea-industrial-production (3)

Ini merupakan yang tercepat pertumbuhan sejak Januari 2013 ketika produksi tumbuh 8,7 persen.

Manufaktur, tingkat pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, dan sektor otomotif disampaikan dari 4,5 persen, 6,3 persen dan 3,2 persen, masing-masing, semua rebound dari penurunan pada bulan April.

Bulan ke bulan, produksi musiman yang disesuaikan naik 2,5 persen, naik dari penurunan 1,2 persen direvisi pada bulan April.

south-korea-industrial-production-mom (1)

Minggu ini, pemerintah Korea Selatan memangkas proyeksi PDB dan sekarang memperkirakan ekonomi tumbuh 2,8 persen tahun ini, turun dari 3,1 persen yang diproyeksikan pada bulan Desember. Saat ini juga memperkirakan inflasi akan naik rata-rata 1,1 persen pada tahun 2016, turun dari perkiraan pada bulan Desember 1,6 persen.

Hasil ini datang setelah pemerintah menyediakan paket stimulus 20tn Won ($ 17bn), termasuk anggaran tambahan 10tn Won, untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan memitigasi risiko yang bisa timbul dari keputusan Inggris pekan lalu untuk meninggalkan Uni Eropa.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here