Pertumbuhan Manufaktur Juni Stagnan, Sektor Jasa Kuat; Harapan Stimulus Beijing Menguat

596

Pertumbuhan di sektor manufaktur Tiongkok stagnan pada bulan Juni, demikian survei resmi pemerintah Tiongkok menunjukkan pada hari Jumat (01/07), menambah harapan bahwa Beijing harus memperluas stimulus segera untuk meningkatkan perekonomian yang lesu.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) bergeser ke 50,0 pada bulan Juni, dibandingkan dengan 50,1 pada bulan Mei dan tepat pada tanda 50-point yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi secara bulanan.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pembacaan akan turun ke 50,0, terendah empat bulan.

Meskipun produksi naik tipis menjadi 52,5 dari 52,3 pada bulan Mei, pesanan ekspor baru kontraksi, meskipun sedikit. Total pesanan baru melayang hanya di dalam wilayah ekspansif.

Produsen terus memotong pekerjaan dan pada kecepatan yang lebih cepat, dengan sub-indeks kerja jatuh ke 47,9, dibandingkan dengan 48,2 pada bulan Mei. PHK bisa naik karena pemerintah telah berjanji melakukan pemotongan kapasitas yang luas di berbagai industri.

Sebuah sub-indeks untuk perusahaan-perusahaan kecil turun, sedangkan kinerja di perusahaan besar meningkat, tanda bahwa pemerintah terus bersandar pada perusahaan-perusahaan negara besar untuk pertumbuhan.

Setelah pertumbuhan ekonomi jatuh ke titik terendah 25-tahun pada tahun 2015, Tiongkok melepaskan rekor ekspansi kredit pada kuartal pertama. Dorongan itu, bersama dengan pasar perumahan kuat dan rebound harga komoditas, membantu menstabilkan aktivitas pada bulan Maret dan April.

DEkonom khawatir bahwa jika pembuat kebijakan menunda stimulus tambahan ekonomi akan melambat lebih lanjut pada semester kedua tahun ini.

Data terbaru menunjukkan keuntungan pada perusahaan industri tumbuh lebih lambat pada bulan Mei, dan keuntungan perusahaan negara jatuh pada tingkat yang lebih cepat, memperkuat pandangan bahwa kondisi yang memburuk.

Prospek bagi eksportir Tiongkok telah mendung lebih lanjut oleh kelaurnya Inggris pekan lalu dari Uni Eropa, yang dinyatakan Perdana Menteri Li Keqiang “meningkatkan ketidakpastian dalam ekonomi global”.

Brexit telah menyebabkan setidaknya dua bank investasi untuk menurunkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan Tiongkok 2016. Nomura memangkas proyeksi 6,0 persen dari 6,2 persen dan Bank of America Merrill Lynch memangkas pandangannya menjadi 6,4 persen dari 6,6 persen.

Setiap penurunan lebih lanjut dalam kinerja kuartal kedua mungkin meminta pembuat kebijakan untuk meningkatkan pengeluaran fiskal lebih jauh dan melonggarkan kebijakan moneter lagi, analis mengatakan.

Sebuah survei serupa menunjukkan aktivitas di sektor jasa Tiongkok tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat, dengan pembacaan resmi di 53,7 pada Juni dari 53,1 pada bulan Mei.

Ukuran industri konstruksi naik secara signifikan karena pemerintah berjalan pada infrastruktur yang bebas dibelanjakan, sedangkan jasa keuangan dan sektor properti kontraksi sebagai pasar tersebut mulai mendingin menyusul aktivitas yang kuat pada awal tahun.

Beijing telah mengandalkan sektor jasa yang kuat karena mencoba untuk menggeser perekonomian dari ketergantungan pada industri dan manufaktur ekspor berat.

China akan merilis data ekonomi Juni dalam beberapa pekan mendatang dan GDP kuartal kedua pada 15 Juli.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here