Bursa Saham Eropa Anjlok Didorong Perbankan Italia

332

Indeks Stoxx 600 Eropa 600 anjlok 0,7 persen pada 15:00 di London, dengan volume jumlah saham yang berpindah tangan sekitar 25 persen lebih rendah dari 30-hari rata-rata. Pasar AS ditutup untuk liburan Hari Kemerdekaan.

Banca Monte dei Paschi di Siena SpA tenggelam 10 persen, sementara penambang logam mulia Fresnillo Plc dan Randgold Resources Ltd naik setidaknya 4,5 persen.

“Saham Eropa mengambil nafas setelah rally besar pekan lalu dan hari libur di AS saat ini,” kata Guillermo Hernandez Sampere, kepala perdagangan di mppm EK di Eppstein, Jerman. Perusahaannya mengelola sekitar 250 juta euro ($ 278.000.000).

Indeks FTSE MIB Italia mengalami penurunan terbesar diantara bursa-bursa saham Eropa Barat, turun 1,4 persen, setelah ECB  meminta Monte Paschi untuk menyusun rencana untuk mengatasi beban kredit yang memburuk.

Indeks FTSE 100 London tergelincir 0,7 persen setelah sempat melonjak 10 persen dalam empat hari, terbesar sejak November 2008, di tengah melemahnya pound.

Harga saham Deutsche Lufthansa AG naik 2,8 persen dan RWE AG naik 3,1 persen.

London Bursa Efek Group Plc tergelincir 1,7 persen. Pemegang saham menyetujui dengan suara bulat akuisisi Deutsche Boerse AG meskipun telah mendapatkan pertentangan dari regulator Jerman yang tidak ingin pertukaran gabungan ini berbasis di London.

Rightmove Plc jatuh 7,7 persen setelah Barclays Plc memotong rating saham perusahaan ini setara dengan menjual, harga saham perusahaan ini menjadi mahal setelah Brexit. Moneysupermarket.com Group Plc anjlok 11 persen, terburuk dalam Stoxx 600, setelah broker menurunkan rekomendasi sahamnya menjadi netral.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here