Indeks Shanghai 12 Juli Bergerak Positif Terdukung Harapan Stimulus

598
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (12/07), Indeks Shanghai bergerak flat, saat ini terpantau naik tipis 4,64 poin atau 0,15 persen pada 2999.55. Pergerakan Indeks Shanghai masih terpicu harapan investor untuk stimulus ekonomi, namun masih dibayangi kekuatiran ekonomi Tiongkok.

Lihat : Akhir Bursa Shanghai 11 Juli Positif Terdukung Harapan Stimulus Beijing

Indeks Shanghai meningkat pada perdagangan kemarin oleh data inflasi yang melambat yang dirilis akhir pekan lalu, yang meningkatkan harapan pemerintah akan mengumumkan stimulus lebih lanjut di paruh kedua 2016.

Pertumbuhan harga konsumen Tiongkok melambat pada bulan Juni, demikian rilis Biro Statistik Nasional (NBS) Minggu, memberi ruang bagi pemerintah pusat Tiongkok untuk stimulus moneter lebih lanjut untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi.

Indeks harga konsumen (CPI) – pengukur utama inflasi – naik 1,9 persen tahun-ke-tahun, NBS mengatakan, lebih rendah dari bulan Mei 2 persen tapi lebih tinggi dari 1,8 perkiraan median dalam survei Bloomberg oleh para ekonom.

Tingkat inflasi tahunan pada bulan Juni adalah 1,9 persen, tingkat terendah sejak Januari.

Lihat : Inflasi Tiongkok Bulan Juni Melambat, Meningkatkan Harapan Stimulus

Dalam berita lain, pertumbuhan ekonomi Tiongkok kemungkinan didinginkan ke tujuh tahun rendah 6,6 persen pada kuartal kedua, menurut jajak pendapat Reuters dari 61 ekonom, terlemah dalam tujuh tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak sideways terdukung harapan stimulus moneter Tiongkok dan kekuatiran ekonomi. Namun jika data ekonomi yang dirilis hari ini positif, akan menguatkan bursa. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2897-2793 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3087-3196.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here