Optimisme Konsumen Indonesia Juni Meningkat 2 Bulan Berturut

574

Optimisme konsumen Indonesia meningkat pada bulan Juni 2016. Hal tersebut terlihat dari hasil survei Konsumen Bank Indonesia yang dirilis Bank Indonesia, Selasa (12/07).

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2016 yang tercatat sebesar 113,7, meningkat 1,6 poin dari bulan sebelumnya. Sementara itu secara rata-rata, IKK triwulan II-2016 tercatat sebesar 111,6, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata IKK triwulan sebelumnya (110,8) maupun dengan rata-rata IKK pada periode yang sama tahun sebelumnya (110,5).

indonesia-consumer-confidence (3)

Meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2016 didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) yang naik 3,4 poin. Indeks ini terangkat oleh seluruh indeks pembentuknya yaitu indeks ketersediaan lapangan kerja, indeks penghasilan saat ini dan indeks pembelian barang tahan lama.

Sedangkan peningkatan IKK triwulan II-2016 didukung oleh Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), terutama ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada September 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun -14,9 poin menjadi 156,4. Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada hampir semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok sandang.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Desember 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here