Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Kuartal Kedua Diperkirakan Melambat

712

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok kemungkinan menurun ke tujuh tahun rendah pada 6,6 persen pada kuartal kedua karena sektor industri melemah dan dorongan dari jasa keuangan memudar, menurut jajak pendapat Reuters dari 61 ekonom.

Analis memperkirakan ekonomi terbesar kedua di dunia kehilangan momentum lebih lanjut pada paruh kedua tahun ini, mendorong pemerintah dan bank sentral untuk menggelar langkah-langkah dukungan lebih bahkan saat mereka khawatir tentang dampak dari pemisahan Inggris dari Uni Eropa.

Hal ini juga terkena sinyal pelemahan yuan, yang baru-baru meluncur ke posisi terendah 5,5 tahun, menambah kekhawatiran bagi investor internasional.

Tingkat pertumbuhan April-Juni dibandingkan dengan dengan 6,7 persen Januari-Maret dan akan menjadi terlemah sejak kuartal pertama 2009, ketika jatuh ke 6,2 persen selama krisis keuangan global. Ekonomi China tumbuh 6,9 persen pada tahun 2015, tingkat paling lambat dalam lebih dari dua dekade.

Para pembuat kebijakan telah mengandalkan rekor ekspansi kredit dan penambahan belanja infrastruktur untuk menstabilkan pertumbuhan, meskipun kekhawatiran yang berkembang dengan ketergantungan pada utang dan belanja pemerintah mengancam pertumbuhan lebih lambat dan reformasi ekonomi tertunda. Beberapa analis percaya restrukturisasi perbankan besar dapat dihindari.

Sebuah sumber berwenang di People’s Daily menyatakan memperingatkan pada bulan Mei bahaya kredit besar perlu didukung stimulus selama krisis global, dan data ekonomi yang meleset dari perkiraan pada Mei karena ekspansi kredit mulai melambat.

Investasi tetap aset tergelincir di bawah 10 persen untuk pertama kalinya sejak tahun 2000 pada bulan Januari-Mei sebagai dorongan dari pertumbuhan kredit sudah memudar.

Investasi oleh perusahaan swasta melambat ke rekor terendah untuk tahun ini hingga Mei, dengan pertumbuhan pendinginan menjadi 3,9 persen dari double-digit tahun lalu. Investasi swasta sejauh tahun ini telah menjadi paling lambat sejak Tiongkok mulai menerbitkan data pada tahun 2012.

Survei pabrik telah menunjukkan stagnasi di sektor manufaktur, namun sebuah kenaikan dalam layanan. Namun, pertumbuhan industri keuangan, bagian penting dari sektor jasa, diperkirakan melambat tajam di babak kedua, karena banyak investor terus menghindari pasar saham negara itu setelah kecelakaan tahun lalu.

Hasil jajak pndapat Ekonom menyatakan PDB tumbuh 1,6 persen kuartal-ke-kuartal, naik dari 1,1 persen pada kuartal pertama, meskipun hanya 13 analis memberi perkiraan berurutan.

Data PDB akan diumumkan pada 15 Juli, bersama dengan indikator bulanan investasi, produksi industri dan penjualan ritel.

Pertumbuhan investasi aset tetap cenderung didinginkan lebih lanjut untuk 9,4 persen untuk Januari-Juni. Kecepatan 9,6 persen yang tercatat dalam lima bulan pertama tahun ini adalah pertama kalinya investasi diperluas dengan hanya satu digit sejak tahun 2000.

Analis akan mengamati dengan seksama bagian dari investasi yang berasal dari sektor swasta, sebagai catatan pengeluaran rendah oleh perusahaan swasta sejauh tahun ini menunjukkan prospek suram untuk prospek bisnis masa depan.

Produksi industri kemungkinan tumbuh 5,9 persen pada Juni, turun hanya sedikit dari Mei. harga komoditas yang lebih tinggi dan pengeluaran untuk proyek-proyek infrastruktur dan properti tampaknya telah memberikan dukungan beberapa sektor untuk saat ini.

Pertumbuhan penjualan ritel cenderung stabil pada bulan Juni sebesar 10 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here