Bursa Turki Dan Nilai Obligasi Tenggelam

413

S & P 500 Index untuk bulan September naik 0,2 persen pada 10:53 di London, 97 persen. Bank of America Corp, Yahoo! Inc dan Netflix Inc adalah beberapa perusahaan melaporkan laba hari ini.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 3,5 persen. ARM melonjak 43 persen ke rekor. Peers Dialog Semiconductor Plc dan Ams AG menambahkan lebih dari 3,6 persen. SBM Offshore NV melonjak 13 persen setelah menandatangani kesepakatan keringanan hukuman dengan otoritas Brasil, merupakan hasil kerja Sanford C. Bernstein & Co yang disebut “hasil yang sangat baik.”

Borsa Istanbul 100 Index Turki tenggelam 5 persen dan Turkish Airlines jatuh sebanyak 6,5 persen. Pasar ekuitas negara ditutup ketika kudeta meletus. Presiden Recep Tayyip Erdogan memerintahkan pembalasan setelah usaha kudeta yang gagal telah menyebabkan kematian lebih dari 190 warga sipil dan sejauh ini lebih dari 6.000 orang, termasuk anggota kehakiman, telah ditahan.

Malaysia Airports Holdings Bhd., Pemilik bandara terbesar kedua di Istanbul, anjlok 5 persen karena kekhawatiran sedikit orang akan mengunjungi Turki setelah kudeta.

Mata Uang

Lira melonjak 1,9 persen, setelah meluncur 4,6 persen pada hari Jumat. Rand Afrika Selatan naik 1,7 persen, setelah turun 2,4 persen pada sesi terakhir saat berita Turki yang mengabarkan adanya upaya kudeta memukul aset emerging-market. Peso Meksiko naik 0,7 persen.

Yen turun 0,8 persen setelah naik 0,5 persen Jumat malam. Namun, mata uang berakhir pekan lalu turun 4,1 persen minggu sebagai Perdana Menteri Shinzo Abe menguraikan rencana untuk paket stimulus “berani” di bangun dari kemenangan pemilu.

Pound naik 0,5 persen menjadi $ 1,3256, muka diperpanjang pekan lalu, setelah pengumuman kesepakatan untuk ARM dan setelah Bank of England pembuat kebijakan Martin Weale mengatakan “bukti lebih tegas” diperlukan sebagai dampak dari U.K. meninggalkan Uni Eropa.

The Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah. Ini naik 0,4 persen pada sesi terakhir sebagai laporan AS menunjukkan penjualan ritel naik pada bulan Juni yang lebih dari prediksi ekonom dan data manufaktur yang semakin baik sejak Januari.

Ringgit Malaysia melemah 0,7 persen, setelah penguatan 2,2 persen pekan lalu. Yuan Tiongkok turun sebanyak 0,18 persen ke level terendah sejak 2010.

Komoditas

Minyak mentah sedikit berubah pada $ 45,94 per barel di New York setelah kudeta yang gagal di Turki pekan lalu sementara pengiriman terus berlangsung melalui saluran penting untuk minyak dari Rusia dan Irak ke Laut Mediterania.

Emas turun 0,6 persen menjadi sekitar $ 1.326 per ounce, untuk tahun ini sudah turun sebanyak 25 persen.
Tembaga turun 0,4 persen di London, terus turun dari level tertingginya di bulan April, memimpin penurunan di industri logam ditengah spekulasi bahwa kondisi kredit di Tiongkok yang mengurangi permintaan akan tembaga sampai 50 persen.

Obligasi

Obligasi Turki jatuh, mengirimkan 10 tahun yield naik 55 basis poin menjadi tinggi bulan ini dari 9,64 persen. Tingkat pada catatan Jerman karena di satu dekade mengalami penurunan sebesar dua basis poin menjadi minus 0,02 persen.

Obligasi Selandia Baru menguat, mendorong yield 10-tahun turun dua basis poin menjadi 2,31 persen, setelah laporan menunjukkan keuntungan harga konsumen yang lebih lambat dari perkiraan ekonom dan perkiraan bank sentral.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here