Harga Rumah di Tiongkok Terus Menanjak

778

Harga rumah di 70 kota besar Tiongkok naik 7,3 persen pada Juni dari tahun sebelumnya, survei resmi menunjukkan pada hari Senin (18/07), percepatan dari kenaikan 6,9 persen di bulan Mei.

Keuntungan secara bulanan terus melambat, karena beberapa kota memperketat kebijakan di tengah kekhawatiran gelembung harga perumahan.

china-housing-index (5)

Kenaikan bulanan sedikit melambat menjadi 0,8 persen pada Juni, dibandingkan dengan 0,9 persen pada Mei, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Biro Statistik Nasional (NBS).

Pada basis tahun-ke-tahun, Shenzhen dan Xiamen adalah dua pemain top, dengan harga rumah naik masing-masing 46,7 persen dan 33,6 persen.

Harga di Beijing naik 20,3 persen, sedikit lebih cepat dari bulan Mei, sementara harga di Shanghai naik 27,7 persen, sama dengan bulan Mei.

Sebuah pemulihan di pasar properti Tiongkok sejak akhir tahun lalu dan penengkatan pembangunan infrastruktur pemerintah dalam beberapa bulan terakhir telah membantu menopang pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia, yang telah terbebani oleh permintaan yang lemah di dalam dan di luar negeri, pendinginan investasi dan kelebihan kapasitas industri.

Tapi keuntungan yang tajam harga perumahan terutama di kota-kota terbesar telah memicu kekhawatiran pasar tersebut menjadi terlalu panas, bahkan kota-kota kecil masih menghadapi persediaan perumahan yang tinggi.

Data Jumat menunjukkan bahwa investasi properti pada semester pertama tahun ini naik 6,1 persen dari tahun sebelumnya, melambat dari kenaikan 7 persen pada Januari-Mei, sedangkan penjualan properti oleh luas lantai tumbuh 27,9 persen, turun dari 33,2 persen.

Untuk Juni saja, investasi properti naik hanya 3,5 persen dari tahun lalu, menurut perhitungan Reuters, dibandingkan dengan 6,6 persen pada Mei.

Perlambatan yang mendorong ekonom di ANZ untuk menyatakan bahwa pemulihan properti yang dipimpin Tiongkok usai, yang bisa menimbulkan risiko lebih lanjut untuk ekonomi pada semester kedua tahun ini.

Harga tanah perumahan Tiongkok naik lebih cepat pada kuartal kedua dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, sedangkan untuk lahan industri mencatat pertumbuhan lebih lambat, laporan dari Departemen Tanah dan Sumber Daya mengatakan.

Harga tanah perumahan di 105 kota yang disurvei naik 1,95 persen pada April-Juni dari kuartal sebelumnya, yang melihat peningkatan 1,27 persen dari Oktober-Desember, menurut kementerian China Urban Land Price Dynamic Monitor.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here