Risalah Pertemuan Juli : RBA Menantikan Data Pertumbuhan dan Inflasi

583

Pejabat di Reserve Bank of Australia (RBA) sedang menunggu informasi lebih lanjut tentang pertumbuhan dan inflasi sebelum memutuskan apakah akan menyesuaikan kebijakan moneter, demikian risalah pertemuan 5 Juli pertemuan disampaikan pada Selasa (19/07).

“Dewan mencatat bahwa informasi lebih lanjut tentang tekanan inflasi, pasar tenaga kerja dan aktivitas pasar perumahan akan tersedia selama bulan berikutnya dan bahwa staf akan memberikan update dari perkiraan mereka menjelang Pernyataan Kebijakan Moneter Agustus,” demikian risalah menyatakan. “Informasi ini akan memungkinkan Dewan untuk memperbaiki penilaian atas prospek pertumbuhan dan inflasi dan membuat penyesuaian terhadap sikap kebijakan yang mungkin sesuai.”

RBA memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan pada 1,75% awal bulan ini. Itu adalah suku bunga bulan kedua berturut-turut tetap ditahan. Pembuat kebijakan memotong suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 1,75% pada bulan Mei, posisi baru terendah sepanjang sejarah.

Seperti pada bulan Mei, pembenaran untuk penurunan suku bunga cenderung bermuara pada inflasi. Laporan inflasi kuartalan Australia menunjukkan pertumbuhan harga lemah mengkhawatirkan melalui tiga bulan pertama tahun ini, menarik sembilan-anggota Reserve Bank Dewan untuk memudahkan kebijakan moneter lebih lanjut. Pelaku pasar secara luas mengharapkan penurunan lebih lanjut untuk suku bunga acuan tahun ini sebagai pejabat terlihat untuk memadamkan spiral deflasi Australia.

Indeks harga konsumen Australia (CPI) datang di 1,3% per tahun pada kuartal kedua. Dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, tingkat CPI utama turun 0,2%. Itu merupakan penurunan kuartalan terbesar sejak kuartal keempat tahun 2008.

Untuk alasan ini, laporan inflasi 27 Juli adalah sangat penting. Menurut analis, laporan inflasi kuartal kedua kemungkinan akan menentukan langkah Agustus bank sentral.

Meskipun perjuangan baru-baru ini dengan deflasi, ekonomi Australia mengungguli bahkan perkiraan yang paling kuat selama kuartal pertama. Produk Domestik Bruto (PDB) diperluas 1,1% pada periode Januari-Maret dan 3,1% per tahun, peningkatan tercepat dalam tiga tahun. Kuartal Maret juga menandai peningkatan ketiga berturut-turut dalam hasil PDB.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here