Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed, Hasil Mingguan Masih Positif

538

Bursa Saham Eropa berakhir mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat, setelah investor meneliti batch lain dari pendapatan dan dicerna angka PMI baru untuk Inggris dan zona euro.

Indeks pan-European Stoxx 600 ditutup turun 0,07 persen. Namun pada minggu ini, indeks berakhir dengan catatan positif, naik 0,7 persen. Sebagian besar sektor juga berakhir di wilayah negatif, namun, dengan pengecualian telekomunikasi, yang naik 1,45 persen.

Indeks FTSE berakhir pada 6.730,48, naik 30,59 poin atau 0,46%

Indeks DAX berakhir pada 10.147,46, turun -8,75 poin atau -0,09%

Indeks CAC berakhir pada 4.381,10, naik 4,85 poin atau 0,11%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.599,90, naik 16,30 poin atau 0,19%

Indeks STOXX 600 melihat awal sesi yang berombak, setelah survei swasta menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di zona euro tidak jatuh sebanyak seperti yang diharapkan pada bulan Juli. Indeks PMI untuk sektor manufaktur dan jasa di zona euro datang di 52,9 pada bulan Juli, di atas ekspektasi untuk pembacaan 52,5 menurut analis yang disurvei oleh Reuters.

Sementara itu, angka PMI untuk Inggris, yang disusun oleh Markit, menunjukkan bahwa sektor jasa merosot ke 47,4 dari bulan Juni 52,3, terendah sejak Maret 2009. Survey flash manufaktur PMI juga turun, turun ke 49,1, dari 52,1 pada bulan Juni. Secara keseluruhan, angka menyebabkan sterling U.K. tenggelam terhadap dolar, diperdagangkan turun lebih dari 1 persen pada $ 1,3079 pada penutupan Eropa.

Melihat buruknya data ekonomi U.K., Analis banyak menyarankan bahwa ini bisa mendorong Bank of England untuk berbuat lebih banyak untuk merangsang pertumbuhan di negara itu pada pertemuan yang akan datang pada bulan Agustus.

Pada pasar minyak, harga memperpanjang kerugian pada perdagangan karena kekhawatiran kekenyangan bertahan, dengan Brent diperdagangkan turun di $ 45,47 dan US WTI di $ 44,04, sekitar penutupan sesi Eropa.

Melihat saham individu, laba terus mendominasi sentimen pada hari Jumat dengan beberapa korporasi melaporkan. Raksasa telekomunikasi Vodafone melonjak ke puncak benchmark Eropa, ditutup naik 4,6 persen setelah melaporkan kenaikan 2,2 persen lebih baik dari perkiraan pendapatan layanan organik kuartal pertama. Berita mengangkat seluruh saham telekomunikasi, termasuk KPN, Orange dan Telecom Italia.

Raksasa Agrichemical Syngenta juga berdetak lebih tinggi, ditutup naik 1,57 persen, setelah perusahaan Swiss melaporkan babak pertama penjualan dan laba yang meleset harapan.

Di tempat lain, produsen terbesar di dunia dari bola lampu, Philips Lighting, mencatat kenaikan 16 persen pada laba kuartal kedua inti mendorong harga saham untuk menembak naik 6,6 persen pada hari Jumat.

Sementara itu, perusahaan konstruksi Skanska tenggelam 4,8 persen, setelah laba kuartal kedua datang di bawah ekspektasi. Saham properti U.K. juga duduk di dekat bagian bawah STOXX 600, dengan Berkeley Group, Bovis Rumah dan Bellway semua menutup lebih dari 2 persen lebih rendah.

Dan sektor perbankan diseret lebih rendah, setelah pemberi pinjaman Spanyol Banco de Sabadell memperingatkan laba setahun penuh akan sedikit di bawah 800 juta euro dibandingkan dengan target 1 miliar euro pada rencana strategis dua tahun, Reuters melaporkan. Ini semester pertama laba bersih juga datang di bawah perkiraan Reuters. Saham tenggelam sekitar 7,5 persen.

Dalam ruang ritel, merek U.K. Marks & Spencer tergelincir 3,6 persen, setelah Barclays menurunkan rating pada saham untuk “underweight” dari “equal weight”; dan menurunkan target harga. Swatch Group juga turun 2 persen, setelah UBS, Bernstein, Natixis dan Helvea Baader Bank memangkas target harga mereka pada merek mewah.

Sore nanti akan dirilis data Ifo Business Climate Jerman bulan Juli, yang diindikasikan menurun dari sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika data ekonomi Eropa terus melemah. Namun akan juga mencermati pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here