Indeks Shanghai 25 Juli Berawal Turun Terganjal Pelemahan Yuan

624
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Senin (25/07), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau turun -3,73 poin atau -0,12 persen pada 3009.08. Pelemahan Indeks Shanghai terpicu pelemahan mata uang Yuan.

Lihat : Bursa Shanghai 22 Juli Berakhir Turun; Mingguan Merosot 1 Persen

Bank Rakyat China pada Senin menetapkan titik referensi yuan terhadap dolar AS di 6,6860, menjadi 191 basis poin atau 0,29 persen lebih lemah dibandingkan pada hari Jumat. Pedagang diperbolehkan untuk berdagang hingga 2 persen kedua sisi titik referensi untuk hari.

Yuan Tiongkok telah diperdagangkan di sekitar level terendah lima tahun baru-baru ini karena kekhawatiran atas keadaan ekonomi telah memicu aliran modal. Investor juga telah menyatakan keprihatinan atas tingkat utang dibangun dalam perekonomian.

Tiongkok tertekan pelarian modal senilai hampir $ 700 miliar  pada tahun 2015, menurut Institute of International Finance. Lonjakan arus akhir tahun 2015 memicu kekhawatiran pasar bahwa cadangan devisa Tiongkok tidak cukup untuk menstabilkan mata uang dengan membeli yuan dalam jangka panjang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak lemah dengan kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2903-2806 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3105-3210.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here