Ekspor Hong Kong Juni Merosot 14 Bulan Berturut

612

Ekspor Hong Kong pada bulan Juni turun untuk 14 bulan berturut, tertekan oleh perlambatan di Tiongkok, dengan pabrik-pabrik di kota ini akan lebih tertekan dalam beberapa bulan mendatang akibat Brexit.

Negara ekonomi terbuka dan bergantung pada perdagangan di Asia seperti Hong Kong diperkirakan menjadi salah satu yang paling rentan terhadap perlambatan perdagangan global akibat Inggris meninggalkan Uni Eropa sebagai efek filter melalui rantai pasokan pabrik, analis mengatakan.

Ekspor Hong Kong pada bulan Juni turun 1 persen dari tahun sebelumnya menjadi HK $ 296.5 miliar ($ 38,2 miliar), demikian data pemerintah menunjukkan, Selasa (26/07).

Impor turun 0,9 persen, di 17 bulan berturut penurunan, menjadi HK $ 342.1 miliar.

Pada bulan Mei, ekspor tahunan tergelincir 0,1 persen sementara impor turun 4,3 persen.

Untuk semester pertama 2016, nilai total ekspor turun 3,9 persen, sementara impor turun 5,6 persen. Negara ini mencatat defisit perdagangan terlihat dari HK $ 199.6 miliar untuk periode semester pertama, setara dengan 10,8 persen dari nilai impor.

“Ke depan, lingkungan perdagangan eksternal tetap menantang mengingat ketidakpastian yang terkait dengan hasil referendum UK meninggalkan Uni Eropa, pemulihan yang lambat di pasar maju, perbedaan kebijakan moneter antara bank-bank sentral utama dan ketegangan geopolitik di berbagai daerah, “kata pemerintah, menambahkan hal itu akan memantau situasi dengan cermat.

Ekspor domestik ke Inggris, yang menyumbang 2,2 persen dari total, anjlok 48,2 persen pada Juni.

Analis mengatakan Hong Kong, Vietnam, Malaysia dan Singapura terlihat paling rentan terhadap perlambatan di Eropa.

“Brexit mengakibatkan perlambatan pertumbuhan global yang berarti, ekonomi yang paling rentan akan mengena negara-negara yang sebagian besar berorientasi ekspor dengan ruang kebijakan yang terbatas untuk menanggapi guncangan. Dengan metrik ini, Hong Kong, Malaysia, dan Vietnam terlihat paling terkena , sementara Tiongkok, India, dan Indonesia lebih tangguh, “kata Credit Suisse.

Impor Hong Kong dari Tiongkok pada Juni naik 0,2 persen, sedangkan nilai total ekspor ke Tiongkok naik 1,8 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here