Indeks Shanghai 26 Juli Bergerak Positif Terbantu Penguatan Yuan

501

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (26/07), Indeks Shanghai bergerak positif, saat ini terpantau naik 18,30 poin atau 0,61 persen pada 3034.13. Penguatan Indeks Shanghai terpicu penguatan mata uang Yuan.

Lihat : Bursa Shanghai 25 Juli Ditutup Naik Terdorong Harapan Peningkatan Investasi Publik

Bank Rakyat China pada Selasa menetapkan titik referensi yuan terhadap dolar AS di 6,6778, 82 basis poin atau 0,12 persen lebih kuat dari pada hari Senin. Pedagang diperbolehkan untuk berdagang hingga 2 persen kedua sisi titik referensi untuk hari.

Penguatan indeks Shanghai akhir perdagangan Senin kemarin terpicu harapan adanya upaya peningkatan ekonomi oleh pemerintah Tiongkok.

Tiongkok kemungkinan akan meningkatkan investasi publik untuk mengimbangi efek dari modal swasta yang lemah, karena ketidakpastian di tengah restrukturisasi ekonomi yang sedang berlangsung.

“Mengingat perlambatan, pemerintah harus mulai berinvestasi lebih, sebagian melalui dana konstruksi khusus, untuk merangsang investasi dan menstabilkan perekonomian,” Zhang Yong, wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, perencana utama ekonomi Tiongkok, mengatakan selama konferensi pers pada hari Senin.

Investasi pemerintah akan terus fokus pada pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek yang mempengaruhi kualitas hidup, katanya.

Lihat : Tiongkok Akan Tingkatkan Investasi Publik Atasi Pelemahan Ekonomi

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai bergerak positif jika mata uanga Yuan terus menguat, sementara masih dibayangi oleh kekuatiran pelemahan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2941-2836 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3143-3263.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here