Abe Siapkan Paket Stimulus $ 265 Miliar Untuk Menguatkan Ekonomi Jepang

876

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada hari Rabu (27/07), pemerintahnya akan mengkompilasi paket stimulus lebih dari $ 265 miliar untuk meningkatkan ekonomi lesu, meskipun tidak jelas berapa banyak akan dihabiskan untuk langsung mendorong pertumbuhan.

Paket stimulus utama 28 triliun yen ($ 265,30 miliar), yang melebihi perkiraan awal sekitar 20 triliun yen termasuk 13 triliun yen pada “kebijakan fiskal,” dilaporkan Jiji. Langkah-langkah ini mungkin termasuk pengeluaran pemerintah pusat dan daerah, serta program pinjaman.

Pengumuman Abe, melalui pidato di selatan Jepang, datang lebih awal dari yang diharapkan dan tekanan Bank of Japan untuk mencocokkan rencana belanja besar dengan pelonggaran moneter tambahan pada ulasan tingkat yang dipantau cermat yang berakhir pada hari Jumat.

“Jumlah itu sangat besar sehingga paket stimulus pasti akan memiliki dampak ekonomi yang besar. Tidak mungkin untuk menghabiskan banyak uang dalam satu anggaran tambahan, jadi ini mungkin berlangsung selama beberapa tahun ke depan,” kata Hiroshi Miyazaki, ekonom senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

“BOJ kemungkinan akan melonggarkan kebijakan, termasuk meningkatkan pembelian utang pemerintah, sehingga Anda bisa mengatakan BOJ dapat menyerap utang baru. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk menunjukkan bahwa BOJ dan pemerintah bekerja sama.”

Rincian dari paket akan diumumkan oleh pemerintah minggu depan, demikian dinyatakan Abe seperti dikutip Jiji.

Banyak pembuat kebijakan bank sentral lebih memilih untuk menunda mengambil tindakan seperti yang mereka harapkan paket stimulus fiskal yang diantisipasi, dan penundaan dalam melaksanakan kenaikan pajak penjualan berikutnya, untuk meningkatkan pertumbuhan dan mencerahkan prospek untuk mencapai target inflasi 2 persen.

Tapi pergerakan yen dan pertimbangan politik bisa menjadi faktor yang menentukan bagi para pembuat kebijakan BOJ untuk memperluas stimulus lagi atau untuk menghemat sumber daya dengan mengurangi kebijakan ketika perekonomian memburuk.

Abe memerintahkan pemerintahnya awal bulan ini untuk menyusun rencana stimulus untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dirundung konsumsi lamban, meskipun tiga tahun pelonggaran tinggi kebijakan moneter campuran “abenomics”, belanja besar dan reformasi yang dijanjikan.

Sumber mengatakan kepada Reuters paket akan memiliki hasil minimal 20 triliun yen. Tetapi hanya sekitar 3 triliun yen yang akan datang dari belanja langsung oleh pemerintah pusat dan daerah, mereka mengatakan, dengan sisa terdiri dari program pinjaman dan subsidi untuk menambahkan jumlah total.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here