Bursa Eropa Berakhir Naik Terbantu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Inggris

537
Pasar Saham Eropa ditutup sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Rabu malam menjelang keputusan kebijakan moneter terbaru dari AS Federal Reserve dan data ekonomi U.K. lebih baik dari perkiraan.

Pasar Eropa menunggu keputusan terbaru dari Federal Open Market Committee yang dijadwalkan untuk menyimpulkan pertemuan dua hari dengan pernyataan kebijakan moneter pada 1400 ET. Pedagang tidak mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga, tapi akan mencermatu untuk indikasi pada waktu kenaikan berikutnya.

Indeks Stoxx Europe 600 berakhir naik 0,43 persen dengan sebagian besar sektor di wilayah positif kecuali untuk utilitas, kesehatan dan makanan dan minuman.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.750,43, naik 26.40 poin atau 0,39%

Indeks DAX berakhir di posisi 10.319,55, naik 71,79 poin atau 0,70%

Indeks CAC berakhir di posisi 4.446,96, naik 52,19 poin atau 1,19%

Indeks IBEX 35 berakhir di posisi 8.661,40, naik 101,20 poin atau 1,18%

Indeks FTSE London berakhir hari 0,4 persen lebih tinggi setelah awal kuartal kedua produk domestik bruto (PDB) untuk Inggris mengalahkan ekspektasi. Ekonomi U.K. tumbuh 0,6 persen kuartal-ke-kuartal, di atas kenaikan 0,4 persen yang diharapkan.

Laba juga dalam fokus bagi investor. Bank Jerman Deutsche Bank melaporkan 98 persen laba bersih kuartal kedua, turun dari periode yang sama tahun lalu, menjadi 20 juta euro ($ 22.000.000). Saham bank ditutup turun 3,5 persen.

Sementara itu, Bank Spanyol Santander melaporkan penurunan hampir 50 persen laba bersih kuartal kedua dari kuartal yang sama tahun lalu. Namun, saham bank ditutup naik 2 persen.

Raksasa energi Norwegia Statoil juga melaporkan penurunan laba dan memotong proyeksi belanja modal, mendorong harga saham turun 3 persen.

Saham British Chip desainer ARM Holdings berakhir Rabu naik 0,15 persen setelah perusahaan, yang awal bulan ini setuju untuk dibeli oleh Jepang Softbank Grup sebesar $ 32 miliar melaporkan kenaikan 5 persen pada laba kuartal kedua pada hari Rabu, Reuters melaporkan.

Saham Taylor Wimpey naik 7 persen pada Rabu setelah homebuilder Inggris mengatakan bahwa keputusan U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa tidak berdampak pada kinerja pendapatannya.

Indeks CAC Perancis ditutup naik 1,1 persen pada Rabu, didorong oleh rilis pendapatan dari LVMH, PSA Peugeot dan Airbus. Produsen mobil Peugeot melaporkan rekor keuntungan babak pertama, Rabu, Reuters melaporkan, dengan laba bersih lebih dari dua kali lipat menjadi 1,21 miliar euro dari 571 juta tahun sebelumnya.

Sore nanti akan dirilis data ekonomi zona Eropa yaitu Business Confidence dan Economic Sentiment bulan Juli yang diindikasikan menurun. Juga akan ada data Unemployment Rate Jerman Juli yang diindikasikan stabil.
Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika data ekonomi zona Eropa melemah. Namun akan mencermati juga pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here