Kondisi Ekonomi Jerman Jauh Lebih Baik Dari Perkiraan

635

Kantor Statistik Nasional Jerman-Destatis mengawali perdagangan sesi Eropa melaporkan data PDB Q2  yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut pada kuartal dua tahun ini. Ternyata pertumbuhan ekonomi Jerman tidak seburuk yang diperkirakan banyak para ekonom dan pasar, data yang dilaporkan Destatis berada di atas perkiraan ekonom meskipun sedikit dibawah periode kuartal pertama.

Destatis Jerman laporkan data prelim PDB Q2-2016 bertumbuh ke posisi 0,4% setelah periode kuartal sebelumnya di posisi 0,7%. Sebelumnya banyak ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi negara ekonomi terbesar ke-4 dunia dan lokomotif ekonomi kawasan Eropa tersebut alami penurunan pertumbuhan ekonomi yang signifikan yaitu di posisi 0,3%.

Germany GDP Growth Rate

Pertumbuhan ekonomi Jerman pada periode tersebut paling besar di kontribusi oleh perdagangan luar negerinya yang terlihat dari peningkatan ekspor. Selanjutnya di sumbang juga oleh meningkatnya konsumsi swasta atau rumah tangga dan pengeluaran pemerintah, sementara itu investasi  mesin dan konstruksi alami penurunan.

Selain itu kinerja ekonomi pada kuartal kedua 2016 terlihat dari jumlah orang yang bekerja di negara tersebut mencapai  43,5 juta orang, jumlah ini alami peningkatan 529.000 atau 1,2 persen dari tahun sebelumnya.

Dari laporan Destatis tersebut, PDB Q2 secara tahunan naik ke 3,1 persen, jauh lebih cepat daripada pertumbuhan   1,5 persen dalam periode kuartal pertama  sebelumnya. Data tersebut merupakan  ekspansi PDB terkuat sejak kuartal kedua 2011.

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here