Bursa Eropa 15 Agustus Bergerak Flat Mencermati Kondisi Ekonomi Global

422

Bursa Saham Eropa menahan kenaikan awal pada hari Senin untuk perdagangan datar karena investor berhati-hati di tengah kekhawatiran atas perekonomian global.

Indeks FTSE berada pada 6.949,07, naik 33,05 poin atau 0,48%

Indeks DAX berada pada 10.754,86, naik 41,43 poin atau 0,39%

Indeks CAC berada pada 4.503,41, naik 3.22 poin atau 0,07%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.728,60, naik 12.20 poin atau 0,14%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 melayang-layang di sekitar garis datar. Sebagian besar pasar Asia membalikkan kerugian awal untuk perdagangan yang lebih tinggi pada hari Senin, namun saham Jepang melemah setelah data menunjukkan ekonomi terbesar ketiga di dunia gagal untuk tumbuh dalam tiga bulan sampai Juni, di bawah perkiraan. Ekonomi tumbuh 0,2 persen pada basis tahunan.

Hal ini menambah hasil mengecewakan produksi industri dan penjualan ritel data dari Tiongkok pekan lalu, sedangkan pertumbuhan ekonomi di zona euro jatuh pada kuartal kedua dibandingkan dengan yang pertama. Prospek lemah untuk ekonomi global telah menyebabkan pelonggaran lebih lanjut langkah-langkah dari bank sentral global, yang telah memberikan bantuan untuk pasar ekuitas.

Harga minyak naik sementara pada hari Senin dan naik 10 persen pada Agustus di tengah ekspektasi tindakan produser pada pertemuan OPEC di Aljazair bulan depan.

Dalam berita saham individu, perusahaan keamanan Inggris G4S adalah di dekat bagian atas dari STOXX 600 setelah perusahaan mengumumkan Tim Weller sebagai kepala keuangan baru dan sebagai Deutsche Bank dan Credit Suisse menaikkan target harga untuk saham. Saham Petrofac, perusahaan tempat Weller, bergerak lebih rendah.

Sementara itu, pengecer Swedia H & M melaporkan kenaikan 10 persen dalam penjualan Juli mengirimkan saham dari perusahaan yang lebih tinggi.

Sage adalah salah satu pemain yang terburuk dengan saham turun hampir 5 persen setelah perusahaan perangkat lunak mengatakan terkena hack.

Dalam berita lain, Inggris bisa meninggalkan Uni Eropa (UE) pada akhir 2019, bukan awal tahun itu seperti yang diharapkan oleh beberapa politisi, menurut laporan di Sunday Times mengutip sumber-sumber yang telah diberi pengarahan oleh para menteri departemen Brexit yang belum siap.

JPMorgan mengatakan bahwa itu akan tetap dengan rekomendasi “overweight” untuk ekuitas Inggris, karena saham-saham di negara ini menawarkan imbal hasil dividen yang tinggi dan Bank of England akan memangkas suku bunga lebih lanjut. Bank sentral memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh setengah tahun, dari 0,5 persen menjadi 0,25 persen, awal bulan ini. JPMorgan juga mengatakan kelemahan sterling sebagai akibat dari suara Brexit pada bulan Juni, juga akan membantu eksportir.

FTSE 100, melayang-layang di sekitar garis datar. U.K. housebuilders juga fokus setelah Bovis Homes melaporkan kenaikan 18 persen pada semester pertama pendapatan. Saham Bovis Homes diperdagangkan lebih rendah Namun, setelah JPMorgan memangkas target harga untuk saham.

Housebuilders lainnya termasuk Barratt Developments dan Taylor Wimpey berada di wilayah negatif setelah JPMorgan memangkas target harga mereka.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa global untuk pergerakan selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here