Bursa Eropa 18 Agustus Bergerak Kuat Terpicu Sinyal Dovish Kenaikan Suku Bunga AS

547

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada perdagangan hari Kamis (18/08) dengan pasar mencerna hasil risalah pertemuam Federal Reserve AS Juli, yang memberikan sinyal dovish untuk kenaikan suku bunga AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,41 persen.

Indeks FTSE bergerak pada posisi 6.875,73, naik 16.58 poin atau 0,24%

Indeks DAX bergerak pada posisi 10.587,21, naik 49.54 poin atau 0.47%

Indeks CAC bergerak pada posisi 4.434,88, naik 17,20 poin atau 0,39%

Laporan laba emiten menjadi fokus bagi investor pada hari Kamis. Perusahaan Raksasa makanan Swiss, Nestle mengatakan penjualan organik babak pertama tumbuh 3,5 persen, di bawah harapan analis di tengah tantangan terus di Tiongkok, mengirimkan saham sedikit lebih rendah.

Sementara itu Raiffeisen Bank International diperdagangkan lebih tinggi setelah mengatakan laba bersih kuartal kedua datang pada 96 juta euro ($ 108.600.000), di bawah perkiraan pasar.

Kingfisher, pemilik B & Q di Inggris, mengatakan penjualan kuartal kedua naik 3 persen dan mengatakan bahwa terkait Brexit “tidak ada bukti yang jelas tentang dampak pada permintaan sejauh ini”. Namun, saham telah diperdagangkan lebih rendah.

Vestas Wind menguat ke atas pada STOXX 600 setelah ekspektasi pasar laba kuartal kedua di atas perkiraan dan perusahaan energi terbarukan ini meningkatkan proyeksi 2016-nya. Saham Vestas Wind  diperdagangkan pada tingkat tinggi delapan tahun.

Di sektor minyak dan gas, saham Tullow Oil naik tajam setelah perusahaan mengatakan telah mengirimkan minyak pertama tepat waktu dan anggaran dari tiga bidang Ghana lepas pantai.

Kelompok perjalanan Thomas Cook juga di wilayah positif setelah menandatangani kontrak pasokan dengan Webjet.

SocGen menurunkan target harga untuk Carlsberg setelah laba mengecewakan pada hari Rabu, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Di AS, pasar saham ditutup sebagian besar lebih tinggi pada Rabu, karena investor mencermati risalah terbaru dari Fed untuk petunjuk lebih lanjut tentang lintasan suku bunga.

Beberapa suara pembuat kebijakan Federal Reserve berharap bahwa AS kenaikan suku bunga lebih lanjut akan diperlukan segera meskipun ada kesepakatan umum bahwa lebih banyak data yang diperlukan sebelum langkah tersebut, menurut risalah dari pertemuan kebijakan Juli Fed.

Lihat : Risalah The Fed AS : Perlu Tambahan Data Ekonomi Untuk Menaikkan Suku Bunga

Pada hari Selasa, Presiden Fed New York William Dudley mengatakan kenaikan suku bunga bisa datang bulan depan. Sementara itu, Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart mengatakan ekonomi AS cukup kuat untuk menahan setidaknya satu peningkatan tahun ini. Perdebatan berlanjut selama waktu yang tepat untuk menaikkan suku bunga membuat kenaikan bisa tertunda, menurut analis.

Lihat :The Fed Dudley : Kenaikan Suku Bunga AS September Dimungkinkan

Lihat : The Fed Lockhart : Kemungkinan Dua Kenaikan Suku Bunga Tahun 2016

Sementara itu di pasar saham Asia, bursa Jepang turun pada Kamis, sebagai yen membebani sentimen. Data menunjukkan bahwa ekspor Jepang turun 14 persen pada tahun pada bulan Juli, penurunan terburuk dalam tujuh tahun, namun sesuai dengan harapan, sedangkan impor menurun 24,7 persen, di bawah perkiraan Reuters untuk penurunan 20,6 persen.

Lihat : Ekspor Jepang Juli Merosot 10 Bulan Berturut

Sementar itu, harga minyak merosot pada awal perdagangan Kamis karena prospek rekor produksi Arab Saudi membebani pasar dan sebagai pedagang menguangkan pada keuntungan menyusul reli harga bulan ini hampir 20 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika sentimen dovish kenaikan suku bunga AS terus terjadi. Bursa Eropa juga akan mencermati data ekonomi. pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here