Bursa Eropa 24 Agustus Bergerak Lemah Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

638

Bursa Saham Eropa bergerak lemah pada perdagangan hari Rabu (24/08) tertekan pelemahan minyak mentah, sementara investor barhati-hati menjelang pidato kunci oleh Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen, Jumat.

Harga minyak mentah jatuh pada perdagangan sesi Asia hari Rabu (24/08) terpicu kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS, juga tertekan kekhawatiran bahwa permintaan minyak mentah Tiongkok bisa goyah setelah adanya dugaan penggelapan pajak di industri minyak.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 68 sen, atau 1,41 persen, di $ 47,42 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 49,39 per barel, turun 57 sen, atau 1,14 persen, dari penutupan terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Merosot Lebih 1 Persen

Saham minyak asal Perancis, Total lebih rendah setelah berita bahwa perusahaan telah menunda penutupan yang dijadwalkan unit catalytic cracking fluida di Port Arthur, Texas. Sektor minyak dan gas sebagian besar lebih rendah.

Indeks FTSE berada pada 6.850,04, turun -18,47 poin atau -0,27%

Indeks DAX berada pada 10.566,68, turun -26,20 poin atau -0,25%

Indeks CAC berada pada 4.407,01, turun -14,44 poin atau -0,33%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.564,10, turun -16,80 poin atau -0,20%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,55 persen pada awal perdagangan, namun mengurangi beberapa kerugian.

Pasar menunggu isyarat dari Yellen, yang akan menyampaikan pidato pada pertemuan tahunan bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, di mana petunjuk tentang waktu kenaikan suku bunga AS bisa muncul.

Penambang membebani pasar. Glencore, setuju untuk menjual 30 persen saham di tambang tembaga Ernest Henry di Australia untuk Evolution Mining untuk 880 juta dolar Australia ($ 670.000.000), karena terus mencoba dan memotong utang. Penambang Anglo-Swiss juga melaporkan penurunan laba semester pertama inti, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Berita itu menyeret sektor ini rendah, dengan dolar sedikit lebih kuat pada Rabu juga membebani saham komoditas. Anglo American dan Antofagasta berada di antara pemain terburuk.

Di tempat lain, produsen mobil Jerman Volkswagen akhirnya menetap sengketa dengan dua pemasok yang telah berlangsung beberapa hari dan berdampak pada produskinya. Saham perusahaan menjadi lebih rendah.

Di sisi pendapatan, pendapatan babak pertama WPP naik 11,9 persen dengan peningkatan target raksasa periklanan setahun penuh yang mengirimkan saham naik lebih dari 3 persen.

Saham Nestle sedikit lebih rendah setelah lembaga pemeringkat Fitch menurunkan peringkat perusahaan Swiss untuk “AA”, tetapi mengatakan prospek pada perusahaan adalah stabil.

Sementara itu, pemegang saham terbesar Mediaset, Finivest, telah mengajukan permintaan pengadilan terhadap Vivendi sekitar kontrak untuk membeli Unit TV berbayar tersebut. Pada bulan April, Vivendi setuju untuk mengakuisisi divisi tapi tiga bulan kemudian, mengusulkan istilah baru dari kesepakatan. Akibatnya, Finivest mengatakan sedang mencari ganti rugi atas buruknya reputasi dan penurunan saham Mediaset. Mediaset diperdagangkan lebih tinggi, sementara Vivendi berada di merah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here