Inflasi Inti Jepang Juli Turun Terendah 5 Bulan Berturut

661

Harga konsumen inti Jepang turun untuk bulan ke lima berturut-turut dan menandai penurunan tahunan terbesar dalam lebih dari tiga tahun pada bulan Juli, demikian data pemerintah Jepang menunjukkan pada hari Jumat (26/08), membuat bank sentral di bawah tekanan untuk memperluas program stimulus yang sudah besar.

Data yang suram memperkuat pandangan pasar yang dominan bahwa program stimulus utama Shinzo Abe ini telah gagal untuk menghilangkan deflasi yang berlaku di kalangan bisnis dan konsumen.

Indeks harga konsumen inti nasional, yang mencakup produk minyak tapi tidak termasuk harga makanan segar yang mudah menguap, turun 0,5 persen pada Juli dari tahun sebelumnya, lebih dari perkiraan pasar median untuk penurunan 0,4 persen. Hasil ini jatuh sedikit lebih besar dari penurunan 0,4 persen pada Juni.

japan-core-inflation-rate (1)

Harga konsumen inti di Tokyo, tersedia sebulan sebelum data nasional, turun 0,4 persen pada Agustus dari tahun sebelumnya, lebih dari perkiraan pasar median untuk penurunan 0,3 persen.

Mulai dari rilis ini, pemerintah mengubah tahun dasar untuk indeks harga untuk 2015 dan mengubah komponen yang membentuk indeks untuk lebih mencerminkan tren belanja konsumen dalam perbaikan yang dilakukan sekali setiap lima tahun.

Pertumbuhan ekonomi Jepang stagnan pada bulan April-Juni dan analis memperkirakan rebound pada kuartal saat ini menjadi melemah sebagai pertumbuhan global yang lemah dan kenaikan 20 persen yen terhadap dolar sejauh ini menekan ekspor dan belanja modal.

Meskipun tiga tahun pencetakan banyak uang oleh BOJ, belanja rumah tangga yang lemah dan penguatan yen menekan biaya impor telah mempertahankan inflasi yang jauh dari target 2 persen bank.

Pasar menguat dengan spekulasi BOJ akan melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut di review tingkat berikutnya pada bulan September, ketika melakukan kajian komprehensif dari efek program stimulus yang ada.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here