Bursa Hong kong 31 Agustus Ditutup Lemah; Bulan Agustus Melompat 5 Persen

730
Vibizmedia Photo

Pada penutupan perdagangan Rabu (31/08), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup turun -39,23 poin, atau -0,17 persen pada 22976.88. Pelemahan indeks Hang Seng terpicu pelemahan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Lihat : Indeks Hang Seng 31 Agustus Bergerak Datar, Harapan Positif Perdagangan Saham Hong Kong – Shenzen

Bursa Saham AS ditutup lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu dinihari, tertekan pelemahan minyak mentah dan kinerja buruk sektor utilitas yang jatuh 1 persen, sementara investor berhati-hati menjelang laporan pekerjaan Jumat.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 48,69 poin, atau 0,26 persen, menjadi ditutup pada 18,454.30, dengan penurunan tertinggi saham Boeing dan saham Goldman Sachs yang naik tertinggi. Indeks S & P 500 tergelincir 4,26 poin, atau 0,2 persen, menjadi berakhir pada 2,176.12, dengan sektor utilitas memimpin sembilan sektor yang lebih rendah dan sektor keuangan sebagai satu-satunya yang positif. Indeks Nasdaq ditutup 9,34 poin, atau 0,18 persen, pada 5,222.99.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Negatif Tertekan Pelemahan Minyak Mentah dan Sektor Utilitas

Harga minyak mentah berjangka merosot pada Rabu, tertekan penguatan dolar AS yang naik sekitar tiga minggu tertinggi dan peningkatan persediaan minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 7 sen menjadi $ 46,28 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 48,32 per barel pada 0608 GMT, turun 5 sen dari penutupan sebelumnya.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Penguatan Dollar AS dan Peningkatan Persediaan

Namun bursa Hong Kong membukukan keuntungan bulanan yang solid, di tengah tanda-tanda bahwa arus masuk uang dari Tiongkok dipercepat dalam beberapa hari terakhir sebagai persiapan untuk jalur perdagangan saham Shenzhen-Hong Kong yang sedang terus dipersiapkan.

Indeks Hang Seng membukukan keuntungan 5 persen untuk bulan Agustus. Lonjakan bursa Hong Kong sebagian besar didukung memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS, penguatan harga minyak mentah dan bursa global.

Arus uang masuk Tiongkok ke Hong Kong di bawah skema Shanghai-Hong Kong Stock Connect mencapai level tertinggi dalam dua bulan pada hari Selasa.

Kantor berita resmi Xinhua melaporkan skema yang sama yang menghubungkan Hong Kong dan Shenzhen diharapkan akan diluncurkan pada pertengahan atau akhir November.

Analis Merrill Lynch William Chan menulis sebuah laporan pekan lalu memberi saran kepada klien untuk membeli saham Hong Kong yang mungkin memperoleh manfaat dari link dengan Shenzhen.

Pada hari Rabu, sebagian besar sektor berakhir lebih rendah, dengan saham bahan baku memimpin penurunan.

Huadian Power merosot 4,7 persen ke level terendah dalam lebih dari dua tahun setelah melaporkan laba semester pertama turun 30,9 persen.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -32,00 poin atau -0,14% pada  22,917.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 22,949.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 22.470-21.929 dan kisaran Resistance 23.474-23.938.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here