Indeks Shanghai 2 September Dibuka Datar Dengan Kewaspadaan Investor Mencermati Ekonomi

796
indeks shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Jumat (02/09), Indeks Shanghai dibuka flat, saat ini terpantau turun tipis -2,01 poin atau -0,07 persen pada 3061.29. Pergerakan flat Indeks Shanghai terpicu kewaspadaan investor menantikan data pekerjaan AS malam nanti, sementara juga terus mengamati perkembangan ekonomi domestik dan stimulus pemerintah Beijing.

Lihat : Bursa Shanghai 1 September Berakhir Lemah Tertekan Kinerja Buruk Saham Real Estate

Laporan pekerjaan Agustus akan dirilis Jumat di 08:30 ET. Ekonom yang disurvei oleh Reuters meramalkan ekonomi menambahkan 180.000 pekerjaan pada bulan Agustus.

Investor akan fokus membaca laporan, mencari petunjuk tentang apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan September. Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga September berada di 30 persen Kamis pagi, menurut alat FedWatch CME Group.

Sementara itu investor juga masih terus mencerna data manufaktur Tiongkok yang mixed.

Data NBS Manufacturing PMI Agustus terealisir meningkat pada 50.4, naik perkiraan 49.9 juga dari hasil sebelumnya pada 49.9.

Sedangkan data Non Manufacturing PMI Agustus terealisir menurun tipis pada 53.5, turun dari hasil sebelumnya pada 53.9

Juga untuk data Caixin Manufacturing PMI Agustus terealisir melemah pada 50.0, dari perkiraan 50.1, dan dari hasil sebelumnya 50.6.

Dengan hasil mixed ini membuat investor mencermati langkah-langkah ekonomi apa yang akan dilakukan pemerintah Beijing untuk memperkuat ekonomi Tiongkok.

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa pemerintah Tiongkok tidak akan memperluas stimulus moneter jika ekonomi Tiongkok tidak parah, dan pertumbuhan ekonomi masih di sekitar 6,5 persen

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati perkembangan ekonomi domestik dan kewaspadaan menantikan data pekerjaan AS malam nanti. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2984-2888 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3160-3257.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here