Pertumbuhan Sektor Jasa Zona Eropa Agustus Retreat

664

Indeks Markit PMI jasa zona Eropa mencatat pembacaan akhir dari 52,8 untuk Agustus dari pembacaan flash 53,1. Ini di bawah ekspektasi dan sedikit di bawah 52,9 terdaftar pada bulan Juli dengan indeks pesanan baru menyentuh level terendah selama 19 bulan.

Indeks komposit produksi secara keseluruhan menurun menjadi 52,9 dari pembacaan flash 53,3 dan akhir pembacaan Juli 53,2. Melemahnya momentum pertumbuhan dan penurunan harga akan menyebabkan kekuatiran lebih lanjut bagi ECB.

euro-area-services-pmi (2)

Produksi manufaktur tumbuh pada laju paling lambat sejak Mei, sedangkan perluasan sektor jasa adalah terendah awal tahun 2015, terutama disebabkan kerusakan lebih lanjut di sektor jasa Jerman, yang membukukan tingkat paling lambat dari pertumbuhan selama 3 tahun.

Dalam sektor jasa, ada perlambatan dalam pertumbuhan lapangan kerja pada tingkat paling lambat selama tiga bulan dengan hilangnya pekerjaan lebih lanjut di Perancis.

Meskipun biaya input terus meningkat, itu adalah tingkat paling lambat dari kenaikan sejak April dan rata-rata biaya sedikit menurun pada bulan tersebut. Secara keseluruhan harga komposit produksi turun untuk 11 bulan berturut.

Indeks sektor jasa Spanyol mencapai tertinggi dua bulan dan dukungan dari sektor jasa Perancis mencatat 10-bulan tinggi 51,9, namun data Italia tetap mengecewakan di rendah 3 bulan.

Secara keseluruhan kepercayaan bisnis di sektor jasa menurun ke level terendah selama 20 bulan, yang sangat mengejutkan mengingat kebijakan moneter sangat mendukung dan akan ada kekhawatiran lebih lanjut atas kelemahan struktural.

Dalam konteks ini, akan ada kekhawatiran bahwa ekonomi zona Eropa tampaknya akan kehilangan momentum daripada mempercepat dan tren harga juga akan menyebabkan kekhawatiran lebih lanjut dalam ECB menjelang pertemuan kebijakan hari Kamis.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here