Awal Bursa Eropa 7 September Tertekan Pelemahan Produksi Industri Jerman

454

Saham Eropa bergerak sebagian besar lemah pada awal perdagangan Rabu (07/09), karena investor mencerna pellemahan data ekonomi AS yang menurunkan kemungkinan kenaikan suku bunga AS akhir bulan ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 melayang-layang di sekitar garis datar dengan kurangnya keyakinan pasar.

Indeks FTSE berada pada 6.821,81, turun -4,24 poin atau -0,06%

Indeks DAX berada pada 10.683,98, turun -3,16 poin atau -0,03%

Indeks CAC berada pada 4.527,74, turun -2,22 poin atau -0,05%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.946,00, naik 46.50 poin atau 0,52%

Pada rilis data ekonomi, produksi industri Jerman untuk bulan Juli turun 1,5 persen secara bulanan, menurut data dari Kementerian Ekonomi, penurunan bulanan tertajam sejak Agustus 2014.

Lihat : Produksi Industri Jerman Juli Jatuh di Wilayah Kontraksi

Di berita saham, produsen benih AS pemegang saham Monsanto telah meningkatkan tekanan pada Bayer untuk menaikkan tawaran pengambilalihan yang sudah baik tetapi beberapa investor perusahaan Jerman sendiri telah memperingatkan tawaran saat ini sudah terlalu tinggi, Financial Times melaporkan. Saham Bayer diperdagangkan lebih tinggi.

Saham Volkswagen diperdagangkan lebih tinggi setelah Wall Street Journal melaporkan produsen mobil Jerman itu dalam pembicaraan lanjutan dengan China Anhui Jianghuai Automobile untuk memproduksi kendaraan listrik di negara ini.

Sementara itu, investor Eropa mencerna data terbaru dari AS yang, bersama dengan data mengecewakan nonfarm payroll Jumat lalu, bisa membatalkan kesempatan untuk kenaikan suku bunga ketika Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bertemu pada bulan September nanti.

Data menunjukkan indeks non manufaktur Institute for Supply Management (ISM) PMI jatuh ke 51,4 bulan lalu dari 55,5 pada bulan Juli. Sementara tingkat di atas 50 masih menunjukkan ekspansi, itu adalah angka terendah sejak Februari 2010.

Lihat : Pertumbuhan Non Manufaktur AS Agustus Merosot Terendah 6,5 Tahun

Pada berita saham lainnya, Sports Direct, pengecer Inggris yang telah datang di bawah tekanan untuk praktek kerja, meluncurkan rencana strategis pada Rabu akan diberlakukan selama dua sampai empat tahun ke depan. Saham perusahaan turun lebih dari 5 persen.

Saham penerbangan Lufthansa, Air France-KLM dan Easyjet yang jauh di dalam wilayah negatif setelah Deutsche Bank memangkas prospek untuk saham.

Dan saham Worldpay berada di dekat bagian bawah STOXX 600 setelah dua pemegang saham terbesar prosesor pembayaran ini – Advent International Corp dan Bain Capital – menjual 350 juta saham di perusahaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here