Cadangan Devisa Tiongkok Agustus Turun Terendah Hampir 5 Tahun

585

Cadangan devisa Tiongkok bulan Agustus jatuh ke level terendah sejak 2011 setelah bank sentral melakukan intervensi untuk mendukung mata uang yuan karena melemah ke posisi terendah hampir enam tahun.

Sementara penurunan $ 15,89 miliar ini sejalan dengan ekspektasi pasar dan digambarkan oleh para analis sebagai sederhana, itu adalah penurunan terbesar sejak Mei dan bisa sebagai sinyal arus keluar modal segar dari ekonomi.

Cadangan devisa China jatuh ke $ 3,185 triliun pada bulan Agustus – terendah sejak Desember 2011 – dari $ 3,20 triliun pada akhir Juli, data bank sentral pada hari Rabu (07/09).

china-foreign-exchange-reserves (6)

Cadangan devisa Tiongkok, terbesar di dunia, turun ke rekor $ 513 miliar tahun lalu setelah Beijing mendevaluasi mata uang yuan, memicu banjir aliran modal yang mengancam untuk mengacaukan ekonomi terbesar kedua di dunia dan kekhawatiran pasar keuangan global.

Tapi penurunan telah melambat tajam dalam beberapa bulan terakhir sebagai otoritas memperketat kontrol modal dan menindak perdagangan forex yang diduga menjadi spekulasi.

Pedagang yakin bank sentral telah melangkah melalui bank-bank pemerintah sejak pertengahan Juli untuk memperlambat laju depresiasi yuan, yang telah melemah 2,6 persen terhadap dolar AS sepanjang tahun ini.

Analis memperkirakan tekanan pada yuan dan cadangan berlanjut sebagai ekspektasi kenaikan tingkat suku bunga AS Federal Reserve tahun ini mendukung dolar.

Dampak dari pasokan valas dan permintaan tetap di bawah kontrol, Administrasi Negara Valuta Asing (SAFE) mengatakan baru-baru dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa itu diharapkan arus modal lintas-perbatasan untuk tetap stabil dalam jangka menengah hingga jangka panjang.

Penjualan bersih valuta asing oleh Bank Rakyat China melonjak ke tertinggi dalam lima bulan pada bulan Juli, sebagai bank sentral berusaha untuk mendukung yuan setelah sempat menembus level psikologis dari 6,7 terhadap dolar.

Cadangan emas Tiongkok turun menjadi $ 77,18 miliar pada akhir Agustus, turun dari $ 78,89 miliar pada akhir Juli, data pada situs Bank Rakyat China menunjukkan.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here