Bursa Eropa Berakhir Naik Terbantu Penguatan Wall Street

641

Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis malam, terdorong penguatan bursa Wall Street.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa ditutup naik sekitar 0,6 persen.

Indeks FTSE berakhir pada 6.730,30, naik 56,99 poin atau 0,85%

Indeks DAX berakhir pada 10.431,20, naik 52.80 poin atau 0.51%

Indeks CAC berakhir pada 4.373,22, naik 2.96 poin atau 0,07%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.720,50, naik 18,10 poin atau 0,21%

Di Wall Street, Apple naik lebih dari 3 persen, membantu indeks Nasdaq unggul. Secara umum, indeks didorong oleh data pekerjaan lemah yang dipandang sebagai meningkatkan kemungkinan Federal Reserve mempertahankan suku bunga tetap bulan ini.

Saham Apple rally pada laporan penjualan yang kuat untuk iPhone 7, yang tumpah keluar ke dukungan untuk pemasok Eropa. Saham Dialog Semiconductor dan STMicro ditutup lebih dari 2 persen lebih tinggi.

Apple iPhone 7 mulai dijual umum pada Jumat. Perusahaan mengatakan jenis dengan jumlah awal layar yang lebih besar iPhone 7 Plus telah terjual habis.

Bank of England bertemu pada hari Kamis dan meninggalkan suku bunga dan program pembelian obligasi tidak berubah setelah pengambilan keputusan.Bank sentral secara bulat menaikkan perkiraan pertumbuhan kuartal ketiga menjadi 0,3 persen kuartal-ke-kuartal dari perkiraan sebelumnya 0,1 persen. Ia juga mengatakan inflasi akan mencapai target 2 persen pada semester pertama 2017.

Ini mengikuti aliran data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan untuk bulan Agustus yang menunjukkan bahwa akibat Brexit pada bulan Juni mungkin hanya jangka pendek.

Pada hari Kamis, data menunjukkan penjualan ritel U.K. naik 6,2 persen tahun-ke-tahun pada bulan lalu, mengalahkan ekspektasi pasar.

Saham U.K. individu juga dalam fokus. Saham Morrison ditutup naik sekitar 7,5 persen setelah rantai supermarket melaporkan kenaikan laba semester pertama dan peningkatan dividen interim.

Namun, saham Next ditutup turun sekitar 4,9 persen setelah melaporkan laba sebelum pajak telah jatuh 1,5 persen pada semester pertama tahun ini.

Saham H & M ditutup sekitar 4,3 persen turun setelah melaporkan kenaikan 7 persen dalam penjualan Agustus, tapi sesuai perkiraan analis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan Wall Street dan harga minyak mentah, serta perkembangan sekitar suku bunga AS.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here