BOJ Diperkirakan Akan Melakukan Pelonggaran Kebijakan

578

Bank of Japan diperkirakan akan melakukan pelonggaran kebijakan lebih dalam lagi pada pertemuan minggu ini, demikian menurut jajak pendapat ekonom Reuters pada Selasa (20/09), karena perjuangan untuk mengatasi stagnasi yang parah dan memadamkan spekulasi telah kehabisan pilihan.

Para ekonom yang disurvei 14-20 September sebagian besar dibagi atas apakah langkah selanjutnya BOJ akan memangkas suku bunga negatif lebih dalam, atau untuk meningkatkan atau mengkalibrasi ulang program pembelian aset, atau bahkan melakukan keduanya.

Tindakan BOJ pada pertemuan Juli yang diluar ekspektasi pasar, meskipun itu mengumumkan review saat ini sebagai efek dari program stimulus tersebut.

Sebanyak 21 dari 31 ekonom dalam jajak pendapat mengatakan BOJ akan mengumumkan pelonggaran lebih lanjut pada hari Rabu, sementara 6 mengatakan langkah berikutnya akan diumumkan pada review pada tanggal 31 Oktober-1 November. Sedangkan 4 memperkirakan beberapa waktu pada tahun 2017.

Dua-pertiga dari analis yang memperkirakan stimulus lebih lanjut yang diumumkan pada hari Rabu akan mengambil pendalaman lebih lanjut dari suku bunga negatif 0,1 persen sebagai suatu kemungkinan.

Tapi beberapa dari mereka mengatakan perubahan program stimulus BOJ, seperti membeli lebih banyak obligasi pemerintah Jepang, menyesuaikan jatuh tempo obligasi yang memenuhi syarat untuk pembelian, meningkatkan pengeluaran commercial paper,  corporate debt and exchange traded funds, juga sebagai kemungkinan.

Empat analis yang mengatakan BOJ hanya akan merekayasa rincian program pencetakan uang dan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Konsensus dari jajak pendapat yang lebih luas, yang mencakup perkiraan jangka panjang dari ekonom yang tidak memiliki kepentingan khusus untuk pertemuan minggu ini, tidak menunjukkan perubahan baik tingkat suku bunga negatif BOJ atau pembelian aset sebelum akhir tahun.

BOJ mengejutkan pasar di bulan Januari, yang memutuskan untuk mengenakan biaya bagi bank komersial sebesar 0,1 persen pada sebagian kecil dari cadangan mereka yang ada di bank sentral – langkah yang tidak populer di kalangan bank karena menekan pendapatan mereka.

Industri keuangan Jepang terus melobi terhadap pendalaman suku bunga negatif oleh bank sentral, dengan kepala asuransi jiwa melobi dengan mmnyampaikan peringatan pada hari Jumat bahwa penurunan suku bunga akan lebih berbahaya daripada lebih baik untuk perekonomian.

Tindakan BOJ sejauh hanya sedikit untuk meningkatkan ekspektasi inflasi rumah tangga. Jajak pendapat menemukan Indeks harga konsumen inti (CPI), yang mencakup produk minyak tapi tidak termasuk harga makanan segar yang mudah menguap, itu mungkin 0,2 persen rata-rata pada tahun fiskal hingga Maret dan kemudian naik ke 0,6 persen tahun fiskal berikutnya.

Itu adalah sebagian kecil dari target inflasi BOJ dari 2 persen. Beberapa analis dalam jajak pendapat bulan lalu memperkirakan BOJ akan menggunakan review untuk meninggalkan pengaturan jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan inflasi.

Jajak pendapat juga menemukan ekonomi kemungkinan untuk meningkat 0,7 persen tahunan pada kuartal ketiga dan 0,6 persen pada kuartal terakhir tahun ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here