Bursa Global Anjlok Ditekan Sektor Perbankan Dan Komoditas

1211
World network

MSCI All-Country World Index turun 0,2 persen pada 11:20 di London, sebagai Indeks Stoxx Europe 600 melemah 0,5 persen. Saham Eropa masih menuju kinerja mingguan terbaik mereka dalam lebih dari dua bulan dengan keuntungan 2,4 persen.

Saham CaixaBank SA merupakan salah satu saham dengan penurunan terbesar di sektor perbankan dari 19 kelompok industri di indeks Stoxx 600. Bank Spanyol ini kehilangan 3,7 persen setelah menjual saham untuk membiayai pengambilalihan dari Portugal Banco BPI SA. Saham-saham produsen komoditas juga anjlok terburuk dari tertinggi dalam enam minggu, dipimpin oleh Polymetal International Plc yang anjlok 8,5 persen setelah dua investor mengatakan mereka akan menjual 13 juta saham dari penambang.

The Bloomberg Indeks Dollar Spot sedikit berubah, menuju 0,8 persen kerugian mingguan setelah keputusan The Fed. Kiwi turun 0,8 persen pada Jumat di tengah spekulasi bahwa bank sentral Selandia Baru akan menurunkan suku bunga pada pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan November.

Pound turun 0,5 persen menjadi $ 1,301, menghilangkan semua keuntungan yang dicapai selama dua hari terakhir. Menteri Luar Negeri Boris Johnson mengatakan hari Kamis bahwa pemerintah U.K. condong ke arah memicu pembicaraan resmi meninggalkan Uni Eropa pada awal tahun depan.

Indeks mata uang Negara berkembang turun kurang dari 0,1 persen, dipimpin ringgit Malaysia dan peso Filipina. MSCI Emerging Markets Index naik 1,2 persen bulan ini dan telah naik 2,2 persen sejak akhir Juni, menuju kenaikan tiga kuartal berturut-turut.

Lira Turki turun 0,3 persen, menghapus keuntungan 1 persen yang dicapai minggu ini, setelah Erdogan mengisyaratkan ia akan terus menekan bank sentral untuk mengurangi biaya pinjaman dan mengatakan ia tidak khawatir jika negara dinilai buruk oleh perusahaan pemeringkat kredit.

Rand Afrika Selatan naik 0,3 persen, memperpanjang keuntungan terbesar pada bulan September di antara 31 mata uang utama dilacak oleh Bloomberg menjadi 8,4 persen.

Minyak terhapus kerugian setelah Reuters melaporkan bahwa Arab Saudi telah menawarkan untuk menurunkan output jika Iran setuju untuk membekukan produksi. West Texas Intermediate naik 0,3 persen menjadi $ 46,45 per barel, memperpanjang kenaikan mingguan menjadi 6,4 persen, tertinggi dalam sebulan. Brent naik 1,2 persen menjadi $ 48,21.

Emas siap untuk kemajuan mingguan terbesar sejak Juli setelah pertemuan Fed. Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah pada $ 1,336.74 per ounce, di jalur untuk kenaikan mingguan 2 persen.

Harga gas alam AS naik 0,1 persen menjadi $ 2,992 per juta British thermal unit, menuju kemajuan mingguan ketiga di tengah perkiraan suhu yang terus berada di atas rata-rata untuk sebagian besar negara.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here