Pertumbuhan Bisnis Zona Eropa September Turun Terendah 2 Tahun

686

Hasil mengecewakan bagi bisnis zona Eropa terjadi pada hari Jumat (23/09) dengan indeks flash pembelian manajer terbaru (PMI) jatuh ke level terendah dua tahun, menunjukkan bahwa kemajuan ekonomi di wilayah ini rapuh dan gagal untuk mencapai hasil yang baik.

Indeks awal PMI dari Markit menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di wilayah anggota 19-negara tersebut jatuh ke 52,6 pada bulan September dibandingkan 52,9 pada bulan Agustus dan di bawah ekspektasi pasar. Ini adalah hasil yang terendah sejak Januari 2015.

euro-area-composite-pmi

Indeks PMI bisnis adalah gabungan dari jasa dan aktivitas manufaktur di wilayah tersebut dan tanda 50 poin memisahkan ekspansi dari kontraksi.

Angka ini merupakan pembacaan terlemah sejak Januari 2015, sebagai kegiatan bisnis sektor jasa meningkat pada tingkat terlemah sejak akhir 2014, sedangkan produksi manufaktur tumbuh pada laju tercepat sejak Desember tahun lalu.

Pertumbuhan produksi bergeser ke rendah 16-bulan di Jerman sementara Perancis mencapai tingkat tercepat ekspansi ekonomi sejak Juni 2015.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here