WTO Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Perdagangan Global 2016-2017

646

The World Trade Organization (WTO) memangkas proyeksi pertumbuhan perdagangan global tahun ini dengan lebih dari sepertiga pada hari Selasa (27/09), pengaruh perlambatan di Tiongkok dan jatuhnya impor ke Amerika Serikat.

Proyeksi baru 1,7 persen, turun dari estimasi WTO sebelumnya 2,8 persen pada April, menandai pertama kalinya dalam 15 tahun perdagangan internasional terlihat tertinggal dari pertumbuhan ekonomi dunia, kata badan perdagangan.

Angka-angka harus menjadi peringatan bagi pemerintah, Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo mengatakan dalam laporan prospek perdagangan enam bulan.

“Kita perlu memastikan bahwa ini tidak diterjemahkan ke dalam kebijakan yang salah arah yang bisa membuat situasi lebih buruk, tidak hanya dari perspektif perdagangan tetapi juga untuk penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang sangat erat terkait dengan sistem perdagangan terbuka, “demikian laporan itu dikutip.

Data menggarisbawahi perhatian bahwa setelah pertumbuhan yang panjang melalui globalisasi dan ketergantungan pada perdagangan global, pemerintah semakin mencari untuk melindungi industri mereka sendiri selama masa kesulitan ekonomi dan ekonomi semakin didorong oleh konsumsi domestik.

Meskipun semua pemerintah menyangkal proteksionisme, perdagangan tidak lagi melampaui pertumbuhan ekonomi seperti dulu. Perdagangan telah tumbuh 1,5 kali lebih cepat dari produk domestik bruto dalam jangka panjang, dan dua kali lebih cepat ketika globalisasi naik di tahun 1990-an.

Perdagangan tahun ini akan tumbuh hanya 80 persen secepat ekonomi global, WTO mengatakan, pembalikan pertama globalisasi sejak tahun 2001 dan hanya kedua sejak 1982.

Azevedo mengatakan manfaat dari perdagangan harus dibagi lebih luas, dengan sistem yang lebih berjalan untuk negara-negara miskin, perusahaan kecil, kelompok marginal dan pengusaha kecil.

WTO juga memperlambat pertumbuhan perdagangan 2017 dibandingkan perkiraan sebelumnya, dengan kenaikan 1,8-3,1 persen dibandingkan 3,6 persen yang diperkirakan pada bulan April.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here