Bursa Eropa 3 Oktober Bergerak Naik Terbantu Proses Deutsche Bank dan Brexit

752

Bursa Saham Eropa bergerak positif pada awal perdagangan Senin (03/10) terdukung proses penyelesaian saham Deutsche Bank dan proses Brexit Inggris.

Indeks FTSE berada pada 6.962,85, naik 63,52 poin atau 0,92%

Indeks DAX libur.

Indeks CAC berada pada 4.462,01, naik 13,75 poin atau 0,31%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.781,90, naik 2,50 poin atau 0,03%

Deutsche Bank menjadi fokus bagi investor, meskipun saham perusahaan tidak diperdagangkan pada hari Senin. Ada muncul kemungkinan penyelesaian antara pemberi pinjaman Jerman dan Departemen Kehakiman AS.

Saham Deutsche Bank yang terdaftar di AS melonjak 14 persen pada Jumat di tengah berita pemukiman dari kasus sekuritas berbasis mortgage mis-selling dapat dikurangi dari $ 14 miliar menjadi $ 5,4 miliar.

Frankfurter Allgemeine Zeitung melaporkan pada akhir pekan bahwa CEO Deutsche John Cryan akan berada di Washington pekan ini untuk pertemuan IMF dan Bank Dunia tahunan, dan eksekutif Deutsche Bank senior lainnya akan bergabung dengannya untuk menegosiasikan penyelesaian dengan otoritas AS.

Sementara itu di Inggris, kata Perdana Menteri Theresa May, Minggu bahwa ia akan memicu proses meninggalkan Uni Eropa pada akhir Maret. Berbicara pada konferensi tahunan partai Konservatif di Birmingham, May mengatakan sudah waktunya untuk “melanjutkan pekerjaan,” dan berjanji bahwa pemerintah U.K. tidak akan mempertanyakan, berdalih atau jalan yang salah di Brexit.

Dalam berita bisnis, perusahaan pengelolaan dana Janus Capital dan Henderson Group mengumumkan sebuah merger semua-saham. Saham Henderson melonjak lebih dari 16 persen. Perusahaan-perusahaan lain di sektor ini juga terdorong lebih tinggi termasuk Aberdeen Asset Management dan Jupiter Fund Management.

Di tempat lain, bank-bank Italia berada di bawah tekanan pada Senin. Monte dei Paschi di Siena, Nomura dan Deutsche Bank telah diperintahkan untuk diadili oleh pengadilan Milan atas dugaan kejahatan keuangan, menurut Reuters mengutip sumber-sumber hukum. Kepala eksekutif baru BMPS Marco Morelli mengakui akan sulit untuk meningkatkan 5 miliar euro modal segar. Saham BMPS sedikit lebih tinggi.

Saham UBI Banca datar setelah Bank Sentral Eropa menolak rencana usulan oleh pemberi pinjaman untuk membeli tiga bank Italia lainnya.

Sementara itu, Bank Swedia Nordea mengatakan yang membutuhkan kenaikan tingkat modal inti setelah review oleh pengawas keuangan negara. Saham bank terbesar di wilayah Nordic ini lebih tinggi.

Sore nanti akan dirilis data Markit Manufacturing PMI September Jerman dan Zona Eropa yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan menguat jika data Markit Manufacturing membaik. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here